Gunung Semeru Erupsi, Warga Mengungsi dan Evakuasi Diri
Peristiwa News

Gunung Semeru Erupsi, Warga Mengungsi dan Evakuasi Diri 

peristiwa.info – Gunung Api Semeru di Lumajang Jawa Timur, erupsi. Erupsi Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini, Gunung Semeru mengeluarkan asap tebal dari Puncak Jonggring Saloko.

Menurut keterangan warga, awan panas terlihat pertama kali sekitar pukul setengah 4 sore, dari atas gunung. Sebelum mengeluarkan awan panas, warga menyebut Gunung Semeru mengeluarkan lahar dingin, hingga menyebabkan banjir.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq membenarkan hal ini. Dia juga menjelaskan bahwa saat ini hujan deras sedang turun di daerah Lumajang.

“Benar, sejak sekitar jam 15.30 WIB tadi terjadi erupsi Semeru. Saya belum bisa menjelaskan detil, apakah ini erupsi letusan atau awan panas,” ujarnya.

“Karena sejak siang tadi, di Lumajang terjadi hujan yang cukup tinggi hingga sore ini. Saya tidak bisa memastikan apakah (itu) lava panas karena bercampur dengan hujan,” katanya kepada KOMPAS.TV, Sabtu (4/12/2021).

Ia juga menceritakan bahwa sejak semalam pukul 00.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari tadi, Semeru mengalami beberapa letusan lava pijar. Sejumlah letusan itu mengakibatkan keadaan kesiagaan.

Ada 2 kecamatan yang terdampak, yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Sementara, peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang disertai guguran awan panas mengharuskan warga menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Warga dari dua kecamatan itu pun diminta untuk mengungsi.

“Sebagai tindakan preventif warga yang tinggal dekat sungai jalur lahar diimbau untuk diungsikan dulu,” kata Syafii, Kepala Desa Sumbermujur.

(Sumber: Kompas.com)

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *