Sejumlah Kemungkinan Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 Menurut Pengamat
Peristiwa News

Sejumlah Kemungkinan Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 Menurut Pengamat 

peristiwa.info – Pengamat Penerbangan yaitu Budhi Muliawan Suyitno mengungkap sejumlah kemungkinan penyebab jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Dilansir dari Tribunnews.com, Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu menjelaskan penyebabnya bisa karena murni kesalahan manusia (human error), teknis atau masalah cuaca.

“Kita harus berpikir sebagai investigator kira-kira dugaan apa yang paling memungkinkan. Bisa saja karena faktor kesalahan manusia (human error). Bisa juga karena teknik yang diawali oleh manusia dan yang lainnya karena cuaca,” ujar Budhi Muliawan Suyitno

Menurutnya, untuk menentukan penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak itu harus melihat secara keseluruhan karena bukti – bukti yang ditemukan dari lapangan masih sangat minim.

Namun, kalau melihat data awalnya, pesawat Sriwijaya yang jatuh ini sudah beroperasi lebih dari 26 tahun yang lalu.

“Kemudian kita bisa menyelidiki track record pesawat ini dari pengoperasiannya dari catatan perawatannya secara konsisten dilakukan apa tidak,” jelasnya.

 “Apalagi selama pandemi ini banyak pesawat – pesawat yang grounded, pesawat – pesawat yang tinggalnya di lapangan, tidak beroperasi. Apakah waktu dioperasikan kembali telah memenuhi persyaratan kelayakan udara dan perawatan,” tegasnya.

Hal ini, bisa dicek di buku perawatan dan pengoperasian pesawat. Ia juga menambahkan, agar perlu mengecek training terakhir yang dilakukan oleh pilot pesawat yang menerbangkan Sriwijaya Air SJ182.

“Jadi masih sangat luas sekali dugaannya,” jelasnya.

Peliput: Rezky Rahman Abdi

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *