Selamat Hari Remaja Internasional!
Peristiwa News

Selamat Hari Remaja Internasional! 

Peristiwa.info – Tak hanya Hari Ayah dan Hari Ibu, Hari Remaja pun juga diperingati setiap tahun yaitu tepat hari ini, tanggal 12 Agustus. Tahun ini, Hari Remaja Internasional mengusung tema yang bernama “Youth Building Peace”. Tema ini memiliki harapan supaya anak muda dapat menjadi agen perubahan dan dapat menjadi pemeran penting dalam pencegahan konflik dan mempertahankan kedamaian dunia.

Melansir dari tirto.id, Hari Remaja Internasional pertama kali ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1998. Perayaannya yang pertama kali baru terselenggara pada 12 Agustus 2000. Tujuan diadakannya hari peringatan ini agar remaja dapat memahami apa itu remaja dan mengapresiasi agar paham betul dengan tindakan dan hukum yang berlaku bagi mereka.

Setiap tahunnya, peringatan Hari Remaja Internasional melibatkan berbagai perayaan termasuk konser, lokakarya, acara budaya, hingga konferensi yang melibatkan berbagai pihak. Tema dan slogan tertentu pun dipilih setiap tahunnya untuk menggelar peringatan Hari Remaja Internasional ini.


Pemilihan tema “Youth Building Peace” dinilai selaras dengan Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang memiliki 17 Tujuan dan 169 Target sebagai rencana aksi global. Target dan tujuan tersebut dilakukan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan sebagaimana ditulis dalam SDG 2030 Indonesia.

Tujuan Hari Remaja Internasional 2020 atau Internasional Youth Day 2020 untuk menjelaskan kebutuhan yang memungkinkan keterlibatan pemuda dengan membuat lembaga di tingkat lokal, nasional, dan global, menjadi lebih inklusif dalam memperkuat kapasitas dan relevansi lembaga-lembaga tersebut demi mencapai aksi global.

“Remaja harus aktif bergerak, terutama isi dengan hal positif, contohnya dalam berorganisasi. Dengan berorganisasi remaja ditempa untuk lebih giat mencari pengalaman dan siap menghadapi dunia luar ketika sudah dewasa nanti. Harapan saya untuk remaja terkhusus remaja Indonesia, semoga bisa mencontoh dan mengikuti perilaku yang sopan santun, jangan mudah terpecah-belah, serta jauhkan diri dari hal yang negatif.” Ujar Dr. Anang Shophan Tornado, S.H., M.H., M.Kn., salah satu pengajar di Fakultas Hukum ULM.

Semoga Hari Remaja Internasional ini dapat membangun dan membangkitkan remaja-remaja Indonesia agar lebih berperan aktif dalam pembangunan dan pengembangan Nusantara tercinta ini. 

Peliput : Ajai

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *