Hukum dan Politik

Indonesia Lawyers Club Cuti Tayang 

Indonesia Lawyers Club (ILC) sebelumnya adalah acara talkshow yang disiarkan di TvOne. Acara ini menampilkan dialog mengenai masalah hukum, politik, dan kriminalitas, juga masalah-masalah yang terjadi di negara ini. Acara ini berdurasi 210 menit dan dipandu oleh Karni Ilyas. Acara ini disiarkan setiap hari Selasa pukul 20.00 WIB dan Minggu pukul 19.30 WIB (sempat ditayangkan pukul 20.00 WIB). Dialog di acara ini kerap mengundang para pejabat negara, para ahli hukum, pengamat politik, filsuf, dan orang-orang hebat di Indonesia.

Pada tanggal 21 April 2019, kabar mengejutkan datang dari Karni Ilyas selaku pembawa acara ILC yang menyatakan bahwa program kebanggaan yang dibawakannya akan dihentikan sementara. Berikut pernyataan dari karni Ilyas yang di Posting melalui media sosialnya.

Hal ini sangat mengejutkan para pecinta ILC, ada apa dengan ILC? Seperti yang kita tahu, sebelum pemilu berlangsung banyak hal hal yang penting mengenai pemilu, capres, cawapres yang di diskusikan di ILC oleh orang orang hebat di negeri ini.

Mengingat saat ini masa-masa setelah pemilu dan sedang hangat-hangatnya isu-isu mengenai perhitungan suara capres dan cawapres yang sangat simpang siur, juga saling claim kemenangan antara kedua pasangan capres dan cawapres, begitu banyak hal yang bisa di diskusikan para pengamat, pejabat, dan para ahli di ILC yang dapat dilihat oleh rakyat. Apalagi masa masa penentuan siapa yang akan memimpin negeri ini.

Lantas kenapa forum diskusi ini di hentikan sementara ditengah-tengah kebingungan rakyat mengenai penentuan siapa yang akan memimpin negara ini?

“Menurut pandangan saya terkait pengambilan cuti bang Karn Ilyas di ILC sangat-sangat disayangkan, karna dengan ditengah panasnya pasca pemilu serta situasi dengan isu-isu yang lagi marak diperbincangkan yaitu kecurangan-kecurangan pemilu yg terjadi saat ini, masyarakat dirasa sangat perlu diberikan informasi dan edukasi melalui media yg mereka acarakan tersebut.

Namun masyakarat tidak perlu khawatir. Saya meyakini bahwa masih banyak acara saluran televisi yg kritis, tidak ada tendensi dari pihak manapun dan memberikan edukasi-edukasi serta infomasi yang akuntabel pasca pemilu ini.” Ujar Yudistira Baju Budjang, salah satu mahasiswa Fakultas Hukum ULM.

Meredakan kekecewaan masyarakat tentang ILC yang berhenti sementara, Karni Ilyas dan pihak ILC kembali mengunggah foto acara yang akan di tayangkan di stasiun TV tersebut. Namun bukan “Indonesia Lawyers Club” tapi “Catatan Demokrasi Kita”.

Apakah ILC hanya berganti nama? Mungkin saja hal ini yang terjadi, melihat foto yang di posting oleh pihak ILC, acara Catatan Demokrasi Kita memiliki tujuan yang sama, yaitu diskusi mengenai isu dan kasus yang ada.

Peliput : Salma Saphira

Editor : Ama

#peristiwanews

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *