Seminar Nasional Lawfest ke-12 hadirkan Chanee Kalaweit Sebagai Pemateri
Kabar Kampus

Seminar Nasional Lawfest ke-12 hadirkan Chanee Kalaweit Sebagai Pemateri 

peristiwa.info – Rabu, 18 Oktober 2023, telah berlangsung Seminar Nasional Law Festival ke – 12, yang dilaksanakan oleh BEM FH ULM bersama dengan Volunteer dari beberapa angkatan FH. Dengan mengusung tema “Pengaktualisasian Implementasi Keefektifan Hukum dalam Isu Krusial Lingkungan Hidup di Indonesia”.  Seminar dimulai pada pukul 09.00 Wita – selesai dan bertempat di Auditorium Prof. dr. Idham Zarkasi FH ULM. 

Acara ini dihadiri oleh Dekan FH ULM Prof. Dr. Achmad Faishal, S.H., M.H., banyak peserta yang hadir, bukan hanya Mahasiswa FH ULM tetapi juga Mahasiswa Universitas lain. Ada 4 Pemateri pada Seminar kali ini yaitu Prof. dr. H. M. Hadin Muhjad S.H., M.Hum., selaku Guru besar FH ULM, M. Nooryasin Irhami, Selaku Ketua BEM FH ULM, Adhi Maulana, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Tata Lingkungan/Plt. Kepala Bidang Konservasi dan Pengendalian Perubahan Iklim, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan Aurelien Francis Brule Chanee Kalaweit sebagai  Keynote Speaker.

Acara diawali dengan penampilan Tari Tradisional Oleh FAS dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars FH ULM. Kemudian sambutan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Ketua BEM FH ULM, dan Dekan FH ULM. Dilanjutakan dengan Pembacaan doa juga penyerahan Cendramata.

Sampai kepada acara inti, ke 4 pemateri disini membahas tentang Menilik, Penegakkan Hukum, dan Peran Aktif Mahasiswa terkait Isu Krusial Lingkungan Hidup di Indonesia. Acara diakhiri oleh Keynote Speaker, Chanee Kalaweit membawakan materi tentang Mengupas Berbagai Status Quo atau Isu Terkini tentang Maraknya Isu Krusial Lingkungan Hidup di Indonesia.

Chanee menjelaskan bahawa tidak Isu yang lebih penting dari pada Isu Lingkungan. “Kalau kita tidak dapat udara yang bersih, segala kegiatan lain akan terhambat. Saya rasa pada zaman sekarang tidak ada yang lebih penting daripada isu Lingkungan karena, dalam bidang apapun kita tidak bisa apa apa kalau Lingkungan disekitar kita hancur, jadi harus lebih banyak perhatian lagi.”

Nabil, selaku Ketua Pelaksana acara ini menerangkan bahwa tujuan diadakannya Seminar Nasional ini adalah  untuk menjawab segala pertanyaan masyarakat terkait kerusakan lingkungan yg terjadi. Dia juga berharap kepada Mahasiswa dan para tamu undangan agar bisa mendapatkan ilmu yang lebih. “Semoga para mahasiswa dan tamu undangan dapat mengambil banyak manfaat dan ilmu yg lebih banyak lagi dari acara semnas yg kami laksanakan ini,” tutup Nabil.

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *