Menguak Fakta, Tim Investigasi Polri Lakukan Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan Malang
Hukum dan Politik

Menguak Fakta, Tim Investigasi Polri Lakukan Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan Malang 

peristiwa.info – Tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menjadwalkan rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan. Reka adegan itu dilakukan untuk mengetahui konstruksi peristiwa yang menewaskan ratusan orang. Tim investigasi Polri akan menggelar rekonstruksi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Rabu, 19 Oktober 2022. Rekonstruksi tersebut tidak akan digelar di Kanjuruhan, melainkan di lapangan Mapolda Jawa Timur, Surabaya.

“Rabu akan dilaksanakan rekonstruksi yang rencananya akan dilaksanakan di Mapolda Jatim,” ungkap Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah saat konferensi pers pada Senin, 17 Oktober 2022. Nurul tidak menyebutkan rekonstruksi tragedi tersebut akan dilakukan langsung oleh tersangka atau tidak.

Dilansir dari cnnindonesia.com dalam kasus ini polisi telah menetapkan enam orang sebagai tersangka. Mereka antara lain dari PT Liga Indonesia Baru, panitia penyelenggara, hingga anggota kepolisian.

Kerusuhan di stadion Kanjuruhan terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022. Berawal saat Arema kalah dengan skor 2-3. Aremania turun ke lapangan dari tribun dengan niat ingin bertemu Arema.

Hal itu membuat aparat kepolisian menembakkan gas air mata ke tribun untuk menghalau massa ke luar lapangan. Gas air mata menimbulkan kepanikan penonton hingga berhamburan mencari pintu keluar. Sebanyak 133 orang tewas, 607 luka-luka yang terdiri dari 532 luka ringan, 49 luka sedang, dan 26 luka berat. Rata-rata korban tewas karena sesak napas akibat terpapar gas air mata.

Sumber foto: cnnindonesia.com & liputan6.com

Peliput: Rakhea Jasmine Paquita Della Concetta Dewi

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *