Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Senilai 1 Triliun
Peristiwa News

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Senilai 1 Triliun 

perisitwa.info – Kamis, 18 Februari 2020 kemarin, dilansir dari indizone.id Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin yang telah dibangun sejak 2015 lalu. Bendungan ini berada di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Bendungan yang telah menghabiskan hampir Rp 1 trilliun ini diyakini oleh Presiden Joko Widodo dapat mengurangi banjir di wilayah tersebut. Selain itu, juga dikatakan bahwa Bendungan Tapin ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat setempat.

Jokowi menyebut, bendungan ini memiliki kapasitas tampung 56,7 juta meter kubik. Sehingga, menjadikan Kabupaten Tapin menjadi salah satu wilayah yang terdampak paling kecil pada bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah Kalsel beberapa waktu silam.

Hadirnya Bendungan Tapin ini akan bermanfaat bagi pengairan kurang lebih 5.472 hektare lahan pertanian setempat dan berpotensi menyediakan tenaga listrik sebesar 3,3 Megawatt.

“Inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, menghasilkan listrik, selain air baku, juga dalam rangka pengendalian banjir,” ucap Jokowi.

Peliput: Muhammad Devano Danendra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *