Mahasiswa ULM Raih Juara 2 Lomba Opini Nasional
Kabar Kampus

Mahasiswa ULM Raih Juara 2 Lomba Opini Nasional 

peristiwa.info – Mahasiswa universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Gastin Gabriel Jangkang meraih juara 2 pada lomba opini sungai nasional yang bertemakan “Peran Mahasiswa Terhadap Permasalahan Sungai di Indonesia”. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober-3 November 2020 dan diumumkan melalui laman instagram @himagreto_ipb pada tanggal 8 November 2020. Himagreto IPB mengadakan kegiatan lomba secara daring di laman instagram nya @himagreto_ipb.

Opini yang diangkat oleh Gastin ialah mengenai tentang WaBaSe atau water base sensor yang bekerja untuk mendeteksi letak sampah di sepanjang badan sungai agar memudahkan petugas kebersihan untuk mengelola sampah di sungai. Hal ini juga mendukung pemberantasan pembuangan sampah sembarangan di Indonesia.

” Saya terpikirkan bagaimana cara memadukan dunia modern dengan pengelolaan lingkungan terutama sampah sungai. Sampai sungai sendiri sudah menjadi hal yang tidak asing bagi kita. Banyak orang membuang sampah di sungai yang padahal adalah kekayaan negeri kita. Di luar negeri, sungai dijadikan sebagai aset yang luar biasa. Namun, sayang di Indonesia tidak demikian,” ujar Gastin selaku peraih juara 2 lomba opini nasional HIMAGRETO IPB.

Gastin juga melihat penggunaan sensor yang luar biasa saat ini, seperti penggunaan sensor muka, sensor badan dan sebagainya. Mengapa hal ini tidak diterapkan di Indonesia terutama untuk pengelolaan sampah. Ada banyak keuntungan dari sensor ini karena tidak memerlukan tenaga manusia dan penggunaannya yang cepat, modern, serta dapat secara spesifik menentukan suatu hal.

“Saya merasa sangat senang. Karena diawal menjadi mahasiswa ULM, sudah bisa menyumbangkan prestasi walau belum seberapa. Semoga ke depannya bisa menyumbangkan hal lain lagi untuk ULM,” ungkap Gastin lagi.

Peliput: Muhammad Devano Danendra & Nadia Safira

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *