Pelatihan Jurnalistik Guna Mempertahankan Kode Etik Jurnalistik di Perkembangan Media Online
Kabar Kampus

Pelatihan Jurnalistik Guna Mempertahankan Kode Etik Jurnalistik di Perkembangan Media Online 

peristiwa.online — Kamis, 14 November 2019, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik yang bertema Peran Media Online dalam Perkembangan Jurnalistik Mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung di Aula Lantai 1 Rektorat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dimulai dari jam 08.00 WITA s/d selesai. Pelatihan jurnalistik ini dihadiri mahasiswa anggota Lembaga Pers Mahasiswa dari fakultas-fakultas ULM.

Ada beberapa agenda dalam kegiatan pelatihan ini, dimulai dari registrasi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Lambung Mangkurat, Pembukaan dan sambutan dari Wakil Rektor III, Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP.

Dilanjutkan pemberian materi pertama yaitu Tenik Penulisan Berita yang disampaikan oleh Didik Trio Marsidi dari Banjarmasin Post, dilanjutkan materi kedua Pembuatan Website Portal Berita Online yang disampaikan oleh Muhammad Zaien, S.Kom. Selain pemaparan materi, terdapat juga tanya-jawab antarpeserta dan pemateri.

Ditanya mengenai latar belang kegiatan ini diadakan, Diana Handayani, S.Hut., M.Hut menjelaskan, “Pelatihan jurnalistik mahasiswa yang dilakukan Ikatan Mahasiswa Organisasi Sejenis (IMOS) yang pesertanya dari Lembaga Pers Mahasiswa baik di tingkat universitas maupun tingkat fakultas, selain dari LPM juga mengundang UKM dari fakultas tapi terkhusus untuk divisi humas. Kemudian yang melatarbelakangi kegiatan ini juga untuk tiap tahunnya dari ULM itu selalu ada kegiatan untuk peningkatan softskill mahasiswa, khusus tahun ini softskill yang ingin diasah adalah pelatihan jurnalistik untuk peningkatan kemampuan jurnalistik mahasiswa. Tujuannya tentu saja karena kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi kadang kala mengesampingkan kode etik di bidang jurnalistik. Dengan adanya kegiatan ini, selain untuk mahasiswa mengetahui pembuatan dan penyebaran di media online, itu juga agar media onlinenya tetap dalam ranah kode etik jurnalistik.”

“Harapan untuk ke depannya, salah satunya agar LPM mempunyai media online sendiri,” tutup Diana yang sekaligus merupakan ketua pelaksana dari kegiatan ini.

“Acaranya menarik, dimana kita bisa menambah wawasan tentang jurnalistik, dapat belajar bagaimana cara menulis berita yang benar,” komentar Ika Indah Puspita Sari dari LPM Wartajitu FKIP ULM.

Peliput: Nadya Sari

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *