Deretan Peristiwa Menjelang Kemerdekaan Indonesia
Hukum dan politik

Deretan Peristiwa Menjelang Kemerdekaan Indonesia 

Peristiwa.online – Hari ini tepat pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah pada Sekutu, yang artinya Jepang tidak lagi memerintah Indonesia tetapi berfungsi sebagai penjaga situasi dan kondisi dan melarang adanya perubahan – perubahan di Indonesia.

Pemuda yang dipimpin oleh Chaerul Saleh mengadakan rapat di Pengangsaan Timur untuk membicarakan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan tanpa bantuan Jepang. Kemudian pertemuan tersebut menghasilkan keputusan untuk mendesak Bung Karno dan Bung Hatta agar melepaskan ikatannya dengan Jepang dan juga mendesak Bung Karno dan Bung Hatta agar dengan atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia malam itu juga atau paling lambat 16 Agustus 1945.

Akan tetapi Bung Karno dan Bung Hatta menolak dengan alasan harus melalui perantara PPKI, sebab PPKI merupakan wakil-wakil bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, namun golongan muda menganggap bahwa PPKI adalah buatan Jepang.

Karena itu golongan muda kembali mengadakan rapat untuk menjauhkan Bung Karno dan Bung Hatta ke luar kota. Keesokan harinya Sukarni, Yusuf Kunto, dan Singgih membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang dikomandoi oleh Cudanco Subeno.

Namun aksi ini diakhiri oleh Ahmad Subardjo yang menjamin bahwa proklamasi akan segera dikumandangkan paling lambat keesokan harinya. Cudanco Subeno bersedia melepaskan Bung Karno dan Bung Hatta dan mereka pun kembali ke Jakarta pada hari itu juga.

Kemudian pada keesokan harinya pun Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Itulah peristiwa bersejarah yang tidak bisa dilupakan oleh bangsa Indonesia, berkat peristiwa tersebut  Indonesia merdeka. Jas Merah, Jangan sekali-kali melupakan sejarah!

Peliput : Khevin R.

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *