Tidur Terlalu Lama Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?
Lifestyle

Tidur Terlalu Lama Berdampak Buruk Bagi Kesehatan? 

peristiwa.online – setiap orang pasti memerlukan tidur, apalagi setelah melakukan aktivitas yang melelahkan seharian penuh.

Siapa sih, yang tidak ingin menikmati tidur? Berbaring di kasur yang empuk, sambil memeluk guling di tambah dengan dinginnya suhu AC yang tentu makin menambah rasa ingin tidur terus berlanjut dibandingkan untuk bangun dan melakukan aktivitas lain. Apalagi di tambah liburan panjang yang bikin betah untuk tidur terus pastinya.

Namun, jika kita tidur melebihi jam tidur normal yang direkomendasikan oleh para ahli, ternyata ada banyak bahaya yang bisa mengancam.
Mengutip dari Hello Sehat bahwa jika tidur terlalu lama dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti berikut ini, mungkin saja anda pernah mengalami salah satunya.

Diabetes

Beberapa studi memperlihatkan bahwa orang yang tidur terlalu lama atau kurang tidur, cenderung mengembangkan penyakit diabetes.

Penyakit Jantung

Dipaparkan Studi Kesehatan Perawat melibatkan sekitar 72.000 wanita. Analisis tersebut memperlihatkan bahwa dari wanita yang tidur 9-11 jam per malam, 38% di antaranya akan menderita penyakit jantung koroner, dibandingkan wanita yang tidur 8 jam per malam. Namun, para peneliti belum bisa mengidentifikasi alasan atas hubungan penyakit jantung dengan terlalu banyak tidur.

Cepat Lupa

Tidur baik untuk memperkuat kemampuan mengingat. Namun, kalau Anda tidur lebih dari 9 jam per hari, Anda justru akan merasakan dampak sebaliknya. Tidur berlebihan atau terlalu lama akan memperlambat fungsi sel otak, sehingga memperlihatkan tanda-tanda kepikunan.

Depresi

Banyak studi yang mempelajari masalah ini, bahkan para ahli menyebutkan 15% penderita depresi suka tidur terlalu lama. Beberapa di antaranya menyatakan penderita depresi cenderung tidur lebih lama daripada orang normal. Sayangnya, tidur terlalu lama juga memperburuk masalah depresi orang tersebut.

Sakit Punggung

Orang yang tidur terlalu lama cenderung bisa lebih sering menderita sakit punggung, kecuali bila tidur di kasur khusus yang disesuaikan dengan kondisi tubuhnya. Namun, bila Anda merasa tidak nyaman dan takut keadaan semakin buruk, sebaiknya Anda segera periksakan diri Anda ke dokter.

Obesitas

Ketika kita tidur, metabolisme tubuh berjalan lebih lambat, sehingga ketika kita tidur terlalu lama, cepat atau lambat kita bisa terancam obesitas. Dalam sebuah studi, orang yang tidur terlalu lama berisiko 21% lebih tinggi dari orang normal untuk terkena obesitas.

Agar tidak mengalami salah satu dari 6 penyakit tersebut usahakan untuk tidur tepat waktu atau tidur sehat selama 7-8 jam per hari, tubuh kalian pun akan terbiasa dengan jam tidur tersebut dan akan terbangun sendiri setelah 8 jam.

Sekedar menyarankan kepada kalian untuk bisa mengatur jam tidur dan jam bangun pada waktu yang sama setiap hari. Perlu juga untuk mengurangi konsumsi kafein dan alkohol menjelang waktu tidur karena itu sangat membantu dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur serta buatlah suasana kamar tidur kalian terasa nyaman agar tidur kalian berkualitas.

Peliput : M. Rais Hakim

Editor : Resha

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *