Kabar Kampus

Jelang Pemilu 2024, Gen Z Mengaku Sering Terpapar Berita Politik 

peristiwa.info – Generasi Z menjadi kelompok demografi yang sangat penting dalam Pemilu 2024 di Indonesia karena cenderung sering terpapar berita politik melalui berbagai platform media sosial dan sumber berita digital. Kemungkinan paparan berita politik semakin meningkat seiring dengan dekatnya pemilu 2024. Hal ini dapat memengaruhi tingkat partisipasi politik dan pemahaman politik di kalangan Generasi Z.

Namun, perlu dicatat bahwa sumber informasi yang tersebar luas di media sosial sering kali dapat memunculkan tantangan. Gen Z dihadapkan pada risiko konsumsi berita yang tidak diverifikasi atau terpapar pada perspektif yang bias. Oleh karena itu literasi media dan kemampuan kritis dalam menilai kebenaran berita menjadi keterampilan penting yang perlu dikembangkan oleh generasi z.

Menurut salah satu mahasiswi FH ULM Hening Putri Maharani “Generasi Z cenderung sering terpapar berita mengenai Pemilu karena Gen Z merupakan kelompok pemilih yang mendominasi kontestasi. Selain itu, Gen Z juga dikenal sebagai generasi yang kaya akan informasi dan aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok sehingga sangat tinggi ketergantungan Gen Z pada media sosial.”

Sedangkan menurut Linda Mahfuzah salah satu mahasiswi FH ULM lainnya menerangkan bahwa “Mudahnya penyebaran berbagai macam akses berita yang cepat melalui media sosial dan kurangnya kecakapan dalam memilah informasi yang benar maupun tidak menyebabkan Gen Z sangat rentan menerima berbagai macam berita hoax.”

Mereka berdua menaruh harapan mengenai kondisi politik kedepannya agar terciptanya kondisi politik yang lebih baik dan demokratis. Selain itu, mereka juga berharap bahwa pemilu dapat diselenggarakan secara adil dan transparan serta partisipasi masyarakat dalam pemilu dapat meningkat.

Peliput: Tria Nursabela & Zahra Nabilah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *