Jangan Teledor, Yuk Lebih Teliti Mengenali Uang yang Asli
Ekonomi

Jangan Teledor, Yuk Lebih Teliti Mengenali Uang yang Asli 

Peristiwa.info – Siapa yang tidak tahu tentang uang, seperti yang telah kita semua tau bahwa uang merupakan alat transaksi pembayaran yang sah dan digunakan oleh masyarakat. Pasca pandemi covid-19 adalah masa ekonomi sulit, banyak korban PHK. Seringkali terdengar berita terkait penipuan dan peredaran uang palsu, bahkan yang baru-baru ini sedang ramai adalah modus penipuan uang Rp2.000 yang dicat. Hal ini karena ukuran dan warna yang hampir sama beberapa oknum ini dengan sengaja menyamarkan uang pecahan Rp2.000 yang dicat hijau agar menyerupai uang Rp20.000.

Uang pecahan Rp2.000 yang terlihat mirip dengan uang Rp20.000

Sedikit tambahan tips untuk masalah membedakan uang yang dicat adalah dengan menghapalkan gambar pahlawan, Mohammad Hoesni Thamrin pada uang pecahan Rp2.000 dengan gambar wanita menari piring pada bagian belakang dan gambar Dr. GSSJ Ratulangi pada uang Rp20.000 dengan gambar wanita sedang menari Gong pada bagian belakangnya.

Selain itu sebagai masyarakat pengguan alat transaksi kita harus cerdas dan teliti agar tidak menjadi korban dari adanya modus uang palsu. Mungkin cara yang sudah tidak asing ditelinga kita adalah dengan cara menerapkan 3D ( dilihat, diraba, dan diterawang). Dikutip dari laman resmi Ditjen Pendidikan Vokasi Indonesia, beberapa cara supaya terhindar dari modus uang palsu.

1.Tampilan

Pada cara yang pertama, gunakan indra penglihatan kalian. Pada umumnya uang palsu lebih memiliki warna yang pudar dan kusam, apabila terkena air, warna uang palsu juga ikut luntur. Hal ini dikarenakan tinta yang digunakan dalam pembuatan uang palsu berbeda dengan yang digunakan dalam membuat uang asli. Dan juga pada uang asli terdapat benang pengaman yang tampak timbul dan dapat berubah warna.

2. Tekstur Kertas

Kali ini kalian bisa menggunakan indra peraba. Uang asli memiliki tekstur kertas yang lebih kasar dan ukuran yang lebih tebal dibanding uang palsu yang bertekstur halus seperti HVS.

3. Gambar dan Tulisan

Pada cara yang terakhir ini kalian bisa memanfaatkan sinar untuk memastikan bahwa uang yang kalian pegang asli atau palsu. Pada uang asli, jika dilihat dengan sinar akan berpendar dan kalian juga akan melihat gambar pahlawan serta ornamen logo pencetak resmi, yakni Bank Indonesia, secara utuh.

Semoga bisa bermanfaat agar kalian bisa lebih teliti lagi dan jadilah pengguna uang yang cerdas supaya bersama-sama kita menghentikan modus dan peredaran uang palsu yang tentu akan meresahkan dan merugikan banyak pihak.

Peliput: Dinda Nabila Thifaluzzain

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *