Selamat Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia
Peristiwa News

Selamat Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia 

peritiwa.info – Setiap tahunnya, pada tanggal 17 Juni diperingati sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia atau disebut juga dengan “The World Day To Combat Desertification and Drought”. Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dideklarasikan oleh PBB pada tahun 1994. Dalam deklarasi tersebut terdapat poin penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan bahaya degradasi lahan bagi keberlangsungan hidup manusia.

Mungkin banyak orang yang belum tau apa yang dimaksud dengan degradasi lahan. Degradasi lahan adalah kondisi dimana lahan mengalami proses penurunan produktivitas, baik bersifat sementara maupun tetap. Lahan terdegradasi disebut juga lahan tidak produktif, laham kritis, atau lahan tidur yang dibiarkan terlantar tidak tergarap.

Tujuan diperingati hari penanggulangan degradasi lahan yaitu untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dunia untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari kekeringan serta dapat berkontribusi dalam menanggulangi degadrasi lahan. Pemerintah Kehutanan mempunyai peran penting dalam menggerakkan kesadaran semua masyarakat untuk memperbaiki lingkungan dan mencegah adanya degradasi lahan, dan masyarakat juga harus memiliki kesadaran diri sendiri untuk terus menjaga lingkungan degradasi lahan agar mendaptkan kesejahteraan dan kehidupan yang sehat di masa yang akan datang.

Peliput : Athario Nuriadi

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *