Wacana Work From Anywhere bagi ASN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
Hukum dan Politik

Wacana Work From Anywhere bagi ASN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? 

peristiwa.info – Pemerintah Indonesia rancang strategi baru bagi ASN untuk bekerja dengan sistem baru yaitu bekerja dari mana saja alias Work From Anywhere (WFA). Hal ini berkaitan dengan aturan WFH yang sebelumnya diatur oleh pemerintah, bagi ASN setelah libur lebaran. Awalnya WFH ini diterapkan karena bertujuan untuk mengurai dan mengurangi kemacetan saat libur lebaran.

Dalam wawancara yang dikutip dari tirto.id, Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama menjelaskan bahwa Work From Anywhere atau WFA artinya PNS tak lagi harus bekerja dari rumah tetapi pekerjaan bisa dilakukan dari mana saja seperti di cafe hingga pantai selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Namun, sistem WFA ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan jika diterapkan dalam sistem kerja ASN. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak berikut ini!

  • Kelebihan
  1. Waktu bekerja yang fleksibel
  2. Bisa bekerja dimana pun dan kapan pun
  3. Memudahkan interaksi antar ASN
  4. Mampu mengikuti perkembangan teknologi dalam bekerja

  • Kekurangan
  1. Tekanan dalam bekerja semakin tinggi
  2. Tidak semua ASN dapat menerapkan sistem ini

Beberapa contoh ASN yang tidak bisa WFA yakni, tenaga medis, pemadam kebakaran, Satpol PP, awak kapal patroli Bakamla dan pengawas perikanan KKP, Traffic Warden, Polisi Hutan, petugas pemasyarakatan atau sipir.


Terlepas dari kelebihan dan kekurangan sistem WFA, jika sudah resmi diterapkan di Indonesia semoga bisa menjadi jalan yang mulus terhadap perkembangan sumber daya manusia khususnya di sektor pemerintahan.

Peliput : Haya Shofiyya

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *