Keren! Inilah Inovasi Rompi Antipeluru Ciptaan Mahasiswa Unhas
Sains dan Teknologi

Keren! Inilah Inovasi Rompi Antipeluru Ciptaan Mahasiswa Unhas 

peristiwa.info – Mahasiswa Program Magister angkatan 2019 pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin bernama Rudi berhasil membuat inovasi bahan material antipeluru.

Melalui wawancara pada Senin (29/11), Rudi menjelaskan gagasan inovasi tersebut didasari kondisi dimana selama ini untuk membuat rompi antipeluru menggunakan material berat, sulit menemukan bahan di dalam negeri, dan mahal. Rudi memikirkan untuk mencari solusi alternatif menggantikan material bahan anti peluru yang lebih ringan dengan kekuatan yang sama.

Carbon fiber adalah salah satu bahan yang digunakan. Bahan ini mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misal dalam pembuatan custom bagian mobil seperti fender mobil, kap mesin dan cover spion. Setelah dilakukan literasi referensi terhadap material tersebut, diperoleh material ini dapat digunakan dalam pembuatan rompi anti peluru,” ujar Rudi.

Inovasi ini telah melewati uji coba oleh Divisi III Komando Strategis dan Bala Cadangan Angkatan Darat (Kostrad) di Kabupaten Gowa dengan uji tembakan sebanyak 3 kali dan mampu menahan peluru berkaliber 9 mm untuk jarak tembak 10 meter.

Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Muhammad Arsyad Thaha mengatakan, pihaknya akan membuat Memorandum of Agreement bersama Kostrad dan pihak industri untuk produksi kepentingan dunia militer.

Inovasi ini diharapkan akan semakin mendukung dan meningkatkan profesionalisme bidang militer Indonesia.

Peliput: Anne Wijayanti

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *