Hukum dan Politik

Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Meninggal Dunia 

peristiwa.info – Dilansir dari kompas.com, Minggu, (28/02/2021). Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar dikabarkan meninggal dunia. Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD melalui akun Twitter resminya.

“Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini. Inna Lillah Wainna Ilahi raji’un. Allahumma ighfir lahu,” ujar Mahfud MD pada akun Twitternya @mohmahfudmd, Minggu (28/2/2021) ini.

Saat ini Artidjo merupakan anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Artidjo merupakan salah satu sosok hakim yang paling ditakuti oleh koruptor saat dirinya masih bertugas di Mahkamah Agung. Artidjo disebut sering memberi “hadiah” berupa hukuman tambahan untuk para koruptor yang mencoba mendapatkan keringanan di tingkat kasasi. Mereka yang menerima “hadiah” itu antara lain mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, politikus Partai Demokrat Angelina Sondakh, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Selain itu ada pula mantan Kakorlantas Polri Irjen Djoko Susilo, mantan Gubernur Riau Annas Maamun, bintara Polri di Papua Labora Sitorus, hingga pengacara OC Kaligis.

Mahasiswa FH ULM, Sahidatus Shofa, menyampaikan pendapatnya tentang meninggalnya mantan hakim agung Artidjo Alkostar. “Menurut saya beliau adalah sosok pendekar di dunia hukum yg mengutamakan keadilan sebab, dari berbagai kasus korupsi yang ditanganinya banyak koruptor yang mencabut berkas di MA saat mengetahui akan berhadapan dgn hakim agung Artidjo Alkostar dalam menangani kasus korupsi, beliau kerap memberikan hukuman tambahan pada koruptor yang mengajukan kasasi di MA,”

“Mungkin beliau merupakan hakim yang paling ditakuti oleh para koruptor, beliau tidak takut untuk memberatkan vonis hukuman bagi koruptor, dan semoga hakim agung lainnya bisa mencontoh mantan hakim agung Artidjo Alkostar” tambah Shofa.

Selamat jalan Artidjo Alkostar, semoga segala kebaikan yang telah engkau lakukan mendapatkan balasan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Peliput : Ahmad Ilham Anwar

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *