Gempa Magnitude 7,3 Guncang Jepang Bagian Timur
Peristiwa News

Gempa Magnitude 7,3 Guncang Jepang Bagian Timur 

peristiwa.info – Pada Sabtu 13/2/2021 malam, gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda pantai Tohuku atau timur Jepang yang terletak di bagian timur laut pulau Honshu seperti yang dilansir oleh The Japan Times.

Badan meteorologi Jepang mengatakan gempa terjadi pukul 11:08 malam pada kedalaman 60 kilometer (37 mil) di Pasifik lepas Fukushima, dekat episentrum gempa mematikan 2011 yang memicu tsunami dan menewaskan lebih dari 18.000 orang.

Badan meteorologi awalnya melaporkan kekuatan gempa hanya 7,1 SR , tetapi kemudian merevisi angka tersebut menjadi 7,3 SR. Gempa ini dianggap sebagai gempa susulan dari gempa besar yang telah terjadi pada tahun 2011.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan dalam pertemuan para menteri kabinet Minggu pagi, bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam gempa tersebut. Namun laporan kantor berita Kyodo menyebutkan lebih dari 50 orang terluka, tetapi tidak ada cedera serius yang dikonfirmasi.

“Kami mengimbau masyarakat di daerah bencana untuk terus memperhatikan informasi dari entitas seperti pemerintah kota, waspada dan siap bertindak cepat serta mempertimbangkan perubahan cuaca lusa,” kata Suga yang dikutip dalam The Japan Times.

Secara menyeluruh, setidaknya 950.000 rumah mengalami pemadaman listrik sebagai dampak gempa. Namun tidak ada laporan adanya kerusakan pada pembangkit listrik nuklir Fukushima. Sejauh ini laporan di lokasi menunjukkan bangunan-bangunan mengalami kerusakan terutama kaca-kaca pecah akibat gempa besar tersebut.

Peliput: Yuni Ogi Ani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *