Kabar Baik, 13 Juta Vaksin Ditargetkan Siap Dalam Waktu Dekat
Peristiwa News

Kabar Baik, 13 Juta Vaksin Ditargetkan Siap Dalam Waktu Dekat 

peristiwa.info – Hampir setahun melanda Indonesia, virus Covid-19 masih terus menyebar. berbagai cara dilakukan, salah satunya memberikan vaksin bagi masyarakat. Vaksin ini diharapkan dapat memberikan kekebalan dalam tubuh agar masyarakat tidak terpapar virus Covid-19. Indonesia kembali kedatangan 10 juta vaksin dalam bentuk bahan baku.

PT Bio Farma (Persero) atau Bio Farma telah memproduksi bahan baku vaksin Sinovac tahap ketiga sejak 14 Januari 2021. Kemudian untuk 10 juta vaksin yang datang pada tahap ke empat, akan diproses setelah bahan baku 15 juta vaksin selesai di produksi. Kemajuan proses produksi ini diharapkan mampu mendorong optimisme program vaksinasi yang berjalan hingga saat ini. Pertengahan Maret 2021, seluruh vaksin diperkirakan akan selesai.

Dilansir dari covid19.go.id , Juru bicara vaksinasi Bio Farma, Bambang Heriyanto, menargetkan 13 juta dosis vaksin akan rampung dalam waktu dekat. Setelah selesai diproduksi, nantinya akan dilakukan uji klinis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menjamin keamanan vaksin. Meskipun vaksin telah ditemukan, beliau mengimbau masyakarakat agar tidak merasa bebas dan tetap menjaga protokol kesehatan serta pola hidup bersih.

Untuk pendistribusian seluruh vaksin COVID-19, Bio Farma telah menyiapkan track and trace system. Sistem pelacakan ini digunakan agar kualitas vaksin dapat terjamin hingga sampai ke penerima. Bio Farma menyediakan sistem barcode baik di vial maupun dusnya agar keberadaan dan mutu vaksin dapat dilacak secara digital.

”Bio Farma tentu mengharapkan kemandirian memproduksi vaksin merah putih, semoga dengan kemampuannya saat ini Bio Farma bisa mensinergikan lembaga riset dan perguruan tinggi, sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri tetapi juga memenuhi ekspor ke luar negeri,” papar Bambang Heriyanto.

Semoga vaksin ini dapat membuat kekebalan tubuh masyarakat meningkat dan dapat menekan laju penyebaran virus Covid-19.

Peliput : Putri Mega Agustina

Sumber Foto : Google

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *