5 Tips Self-Healing untuk Bangkit dari Masa Pandemi
Lifestyle

5 Tips Self-Healing untuk Bangkit dari Masa Pandemi 

peristiwa.online – Di kondisi pandemi seperti sekarang ini, pasti aktivitas yang sering kita lakukan saat keadaan normal sangat berbeda dengan aktivitas yang sekarang.

Jika dulu kita bebas untuk melakukan berbagai aktivitas, namun sekarang semua aktivitas dilakukan secara terbatas. Hal ini pasti membuat kita merasa jenuh bahkan tertekan. 

Namun, tahu kah kalian semua rasa kejenuhan tersebut dapat dihilangkan dengan cara-cara yang sederhana. Bahkan tidak perlu bantuan dari siapapun, cukup diri kita sendiri yang melakukannya.

Hal ini sering disebut self-healing atau penyembuhan batin yang dilakukan secara mandiri oleh diri sendiri. Dengan cara merawat dan mengontrol pikiran serta perasaan, maka rasa jenuh dan tertekan akan hilang dengan sendirinya.

Self-healing membantu kita untuk sadar akan suatu hal yang salah dalam diri kita, suatu hal yang membuat kita terbebani dan tertekan. Sehingga membuat kita mampu bangkit dengan kekuatan yang ada dalam diri sendiri, hingga satu persatu beban tersebut terlepas dan hilang. 

Berikut tips self-healing yang dapat membantu kalian bangkit dari kejenuhan:

1. Me time

Me time merupakan istilah yang artinya  bersenang-senang dan memberikan waktu kepada diri kita sendiri. Seperti melakukan hobi berolahraga, membaca buku, bermain game, berbelanja atau marathon drama korea seharian penuh.

2. Menerima kondisi

Menerima kondisi diri memang sangat berat. Kita pasti merasa bahwa kondisi kita yang paling berat. Namun, percaya lah semua yang kita alami sekarang merupakan yang terbaik yang Tuhan berikan. 

3. Berdialog dengan diri sendiri

Kadang kita sulit untuk jujur kepada orang lain. Maka dari itu cobalah dulu untuk jujur kepada diri sendiri. Bagaimana caranya? Ya dengan berdialog kepada diri sendiri. Kita bisa berbicara di depan cermin, bercerita tentang keseharian, tertawa, bahkan menangis. Hal ini mampu membuat kita lebih kuat.

4. Buat pola pikir yang indah

Setiap orang pasti ingin memiliki hidup yang bahagia. Namun, porsi kebahagian setiap orang itu berbeda-beda. Cara agar kita selalu bahagia iyalah dengan bersyukur dan memiliki pikiran yang terbuka dan indah. Pola pikir yang indah akan membuat kita mampu menikmati hidup, mengikhlaskan kekecewaan dan memperbaiki kegagalan.

5. Mindfulness

Mindfulness seperti berpikir positif dari semua keadaan dalam kesadaran penuh. Mindfulness bisa dilakukan di tempat yang tenang dan sejuk. Kita bisa pergi ke pantai, pegunungan atau laut, untuk mendapatkan ketenangan. Namun, dimasa pandemi seperti sekarang mindfulnes bisa dilakukan dirumah saja. Seperti berolahraga atau bersepeda disekitaran rumah, meluangkan waktu sendiri, bercakap dengan orang dirumah walau sebentar. Kalau sedang sedih, berbaur lah dengan orang terkasih, jangan bersedih sendirian, ya. 

Nah, selain melakukan hal-hal seperti diatas, jangan lupa selalu berolahraga, makan makanan bergizi, selalu mencuci tangan dan memakai masker.  

Apapun keadaannya jadilah kuat dan jadilah versi terbaik dari dirimu! 

Peliput: Haya

Related posts

1 Comment

  1. mawar

    sangat penting sekali melakukan self healing, ada beberapa informasi lain mengenai hal serupa selengkapnya pada link http://news.unair.ac.id/en/2021/07/12/tips-for-self-healing-to-overcome-inner-wounds/

Leave a Reply

Required fields are marked *