Universitas Lambung Mangkurat Gelar PKKMB 2020 Secara Virtual
Kabar Kampus

Universitas Lambung Mangkurat Gelar PKKMB 2020 Secara Virtual 

peristiwa.info – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka pada tahun ini dilaksanakan secara online. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 26 September 2020 yang bertempat di Aula SAC ULM.

“PKKMB 2020 ULM tahun ini tidak semua mahasiswa baru yg diajak untuk berpartisipasi tatap muka hanya saja perwakilan setiap fakultas dan mahasiswa berprestasi jalur Tahfiz Al-Qur’an yang diminta untuk berhadir secara luring dan sisanya dialihkan ke via Zoom dan Youtube untuk melaksanakan pkkmb secara daring,” ujar ketua penanggung jawab PKKMB 2020 ULM, Aliansyah.

Namun setelah diketahui, jumlah peserta PKKMB online tahun ini ialah kurang lebih 6000 mahasiswa. “Sangat antusias walaupun dalam keadaan yg berbeda yaitu secara online seperti ini, tetapi walaupun dengan secara online bisa dilihat bahwa mahasiwa baru ini mempunyai semangat mengikuti PKKMB terbukti dengan banyaknya peserta yang berhadir,” ujarnya lagi.

Menurut Aliansyah, kendala PKKMB online seperti ini adalah saat kegiatan berlangsung baik panitia maupun mahasiswa baru harus memiliki stabilitas jaringan yg kuat. Banyak dari mahasiswa baru yang mendapatkan kendala terutama dalam hal koneksi jaringan, yang mana ini membuat mereka harus berupaya untuk mengatasinya.

Nah, tak lengkap tentunya bila kita tidak mendengarkan kesan dan pesan dari salah satu peserta, menurut Shalehin sebagai mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB online ULM, kesannya mengikuti PKKMB secara online pada tahun 2020 ini menurutnya sangat berkesan mulai dari awal sampai akhir kakak-kakak tingkatnya pun sangat baik dalam melakukan komunikasi dengan kami mahasiswa baru. “Namun ada beberapa kendala seperti borosnya kuota internet, gangguan jaringan dan terjadi gangguan pada aplikasinya ketika melakukan absensi. Tetapi ada positifnya dilakukan secara online seperti sangat menghemat waktu karena dilaksanakan cuma satu hari, tidak terlalu membuang energi dan tidak banyak biaya yang dikeluarkan,” ujarnya.

Adapun harapan dari Aliansyah selaku ketua penanggung jawab PKKMB ULM 2020 adalah agar para mahasiswa baru tetap berusaha, berjuang dan mampu berkembang mengikuti segala kemajuan teknologi selama pandemi. “Tetap berkarya meskipun dalam keadaan daring. Tetap semangat, haram manyarah waja sampai kaputing. Kita bisa melewati semuanya bersama-sama, hidup mahasiswa, hidup rakyat Indonesia!,” lanjutnya.

Sangat menarik dan tentunya menjadi hal yang baru terutama bagi angkatan 2020 ini dalam memasuki jenjang perkuliahan. Selamat bergabung adik-adik di Universitas Lambung Mangkurat. Selamat dan semangat berkuliah!

Peliput : Lathifatunnisa

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *