Peristiwa News

Sikap Sempurna dan Hormat Sejenak Dalam Perayaan HUT RI Ke-75 

peristiwa.info – Merdeka!!! Dirgahayu Republik Indonesia ke-75 Tahun. Sudah 75 tahun kemerdekaan Indonesia setelah 17 Agustus 1945. Banyak sudah perjalanan yang telah dilalui bangsa ini agar terus berbenah untuk lebih baik lagi.

Ada hal yang tentunya harus dilaksanakan dalam peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke-75 tahun ini. Dilansir dari laman liputan6.com, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengajak masyarakat untuk menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas selama 3 menit pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB. Hal ini untuk memperingati detik-detik proklamasi pada HUT Kemerdekaan ke-75 RI.

“Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat,” ujar Pratikno dalam keterangan persnya, Rabu, 29 Juli 2020.

“Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi,” sambung dia.

Dari laman liputan6.com kembali, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, mengimbau semua masyarakat mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB saat peringatan HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020. Bagaimanakah dengan daerah yang berbeda zona waktunya?

“Jadi waktunya pukul 10.17 WIB. Bagaimana kami di daerah lain? Ya menyesuaikan melihat pada kondisi di sana. Misalnya beda 2 jam di Timur berarti 12.17 WIT mereka harus mengikuti itu,” kata Heru di Istana Kepresidenan, Kamis, 6 Agustus 2020.

Adapun pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan sementara.

Hal tersebut diatas sudah dilakukan serentak dalam peringatan Kemerdekaan RI yang dilaksanakan pada upacara pagi tadi di istana negara baik secara virtual maupun yang berhadir disana di waktu 10.17 WIB.

Hal ini tidak mengurangi semangat Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun ini terjadi ditengah pandemi virus COVID-19 ini. Walaupun begitu, tetap jaga kesehatan diri tentu nya dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Upacara tadi berlangsung dengan hikmat dari jam 10.00 WIB hingga selesai.

Sumber foto:Google

Peliput: Lukman Hakim

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *