Kabar Kampus

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri ULM 

peristiwa.online – Penerimaan mahasiswa baru (PMB) adalah aktivitas rutin perguruan tinggi setiap pembukaan ajaran baru. Dalam pelaksanaan PMB kini telah banyak jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi Perguruan tinggi sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Universitas Lambung Mangkurat adalah perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Di Indonesia, perguruan tinggi negeri dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Rektor perguruan tinggi negeri merupakan pejabat setingkat eselon 2 di bawah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ataupun kementerian lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri terbagi menjadi tiga jalur seleksi yaitu pertama jalur SNMPTN, ini merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. Kemudian yang kedua jalur SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Serta yang terakhir adalah jalur mandiri, pada seleksi ini diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Menurut informasi dari akun media sosial BEM ULM, pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri ULM dijadwalkan pada tanggal 09 Juni hingga 10 Juni 2020. Pendaftaran dapat melalui website admisi.ulm.ac.id dan biaya administrasi pendaftaran senilai Rp275.000, pembayaran bisa dilakukan melalui Bank BNI, BTN, dan MANDIRI yang berada diseluruh cabang kota. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada tanggal 31 Juli 2020. Untuk Informasi yang lebih lanjut dapat ditanyakan ke BAK Gedung Rektorat Lantai 1 : (0511) 3306694 – ulm.ac.id.

Peliput: Fitria Arifa

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *