Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Universitas Lambung Mangkurat
Kabar Kampus

Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Universitas Lambung Mangkurat 

peristiwa.online — Untuk menumbuhkan semangat demokrasi dan jiwa kepemimpinan di kalangan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM), pemilihan calon ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menjadi agenda penting yang dilakukan setiap tahunnya. Pada tahun ini, pemilihan calon ketua dan wakil ketua BEM diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat yang diketuai oleh Ahmad Khoiruddin.

Setelah dilakukan pendaftaran calon ketua dan wakil ketua BEM, tersaring dua kandidat yakni kandidat nomor 1 atas nama Ahdiat Zairullah dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Muhammad Ihsanul Fikri dari Fakultas Pertanian (FAPERTA). Kandidat nomor 2 atas nama Septiawan Nelvian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Muhammad Ikhsan Sulfahmi dari Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK).

Rangkaian tahapan selanjutnya adalah debat terbuka oleh masing-masing kandidat calon ketua dan wakil ketua BEM. Debat terbuka tersebut dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diselenggarakan pada Rabu, 4 Desember 2019 di Aula lantai 3 Fakultas Kehutanan Banjarbaru dan sesi kedua pada Jumat, 6 Desember 2019 di Aula 1 Student Activity Center Banjarmasin.

Tahapan debat yang dilakukan oleh KPU Mahasiswa ULM yakni, masing-masing pasangan calon memaparkan visi misi serta program kerja, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar pasangan calon dengan waktu 5 menit untuk menjawab, dilanjutkan dengan sesi pertanyaan oleh moderator dengan mengambil satu kertas pertanyaan yang telah disediakan serta panelis memiliki hak untuk memberi pertanyaan kepada dua pasangan calon dengan waktu 2 menit. Tak lupa pula audiens yang hadir diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada dua pasangan calon yang ada. Tahapan terakhir yaitu closing statement oleh masing-masing pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM.

Debat terbuka berjalan dengan lancar dan kondusif. Suasana mulai bergemuruh ketika sesi tanya-jawab antar pasangan calon. Selain itu, tanya-jawab dari audiens yang hadir tak kalah meriah dan membuat suasana debat semakin panas. Masing-masing pendukung pasangan calon turut hadir mendukung masing-masing kandidat calon ketua dan wakil ketua BEM.

“Jadi harapan saya pribadi sebagai panitia KPU-M ULM untuk kedua paslon tersebut, tentu sangat mengharapkan kedua paslon ini bisa dapat mengikuti agenda serta arahan dari kawan-kawan KPU-M sekalian agar bisa diikuti dengan baik, dan juga agar dapat menciptakan atmosfir pemilu yang sangat kondusif, baik dari kami pihak penyelenggara, Bawaslu sebagai pihak pengawas dan juga dari masing masing paslon serta tim sukses juga relawan. Selain itu, kami harap kita semua dapat bekerja sama untuk menciptakan keadaan yang meriah, selayaknya pesta demokrasi mahasiswa yang seharusnya, namun dengan tetap mengikuti peraturan serta ketetapan yang mana bertujuan agar Pemilu Mahasiswa tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Randa.

Peliput: Aulia Rahma

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *