Indonesia Darurat Kabut Asap! Pemerintah Lakukan TMC
Hukum dan politik

Indonesia Darurat Kabut Asap! Pemerintah Lakukan TMC 

Peristiwa.online – Kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah khususnya di Kalimantan Selatan kian memprihatinkan. Puluhan hektar hutan dan lahan yang terbakar sampai saat ini diduga menjadi penyebab pekatnya kabut asap.

Di kalimantan selatan kabut asap terlihat pekat dengan bau yang cukup menyengat, terutama pada saat pagi dan malam hari hingga membuat dada sesak.

Udara semakin kotor, jarak pandang semakin menipis, hingga ratusan orang didiagnosa gangguan pernapasan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Pada hari jum’at sore terlihat di beberapa daerah di Kalimantan telah diguyur hujan buatan. Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan oleh pemerintah membuahkan hasil.

Pengurangan kabut asap dengan cara penyemaian awan dengan garam selama musim kemarau berkepanjangan dapat memicu turunnya hujan guna meredakan kabut asap dan membersihkan udara.

“Kebakaran hutan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, kebakaran hutan adalah tanggung jawab kita semua. Jika kita melihat titik api maka sebaiknya kita berjuang untuk memadamkan bersama-sama, dengan alat yang ada yang bisa kita gunakan saat ini, kita masyarakat pun harus bisa bergerak untuk bisa memadamkan api-api tersebut, dan kita bisa tegas untuk melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat oknum yang sengaja membakar hutan, karena negara ini memiliki aturan hukum”. Ungkap salah satu masyarakat.

Mari kita jaga lingkungan kita bersama-sama agar tetap bersih dan nyaman!

 

Peliput : Najwa Bahasyim

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *