Peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia
Lifestyle

Peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia 

peristiwa.online – Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau Internasional Plastic Bag Free Day diperingati setiap tanggal 3 Juli. Peringatan ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik yang dimana plastik memerlukan waktu 100-150 tahun untuk terurai. Setiap satu menit ada 1 juta plastik yang digunakan di dunia, rata-rata kantong plastik hanya digunakan selama 25 menit.

Gerakan dengan nama International Plastic Bag-Free Day ini diorganisir oleh GAIA, Zero Waste Europe and the Fundació Prevenció de Residus i Consum yang berpusat di Asia dan Eropa. Para pemerhati lingkungan memperingati hari bebas kantong plastik sedunia dengan kampanye-kampanye untuk mengurangi penggunaan kantong plastik setiap tahunnya karena kantong plastik yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan.

Dilansir dari Kompas, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut.

Ia juga menambahkan berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut dan kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 miliar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

“Mungkin hari bebas kantong plastik sedunia ini hanya formalitas saja untuk mengingatkan kita akan pentingnya mengurangi sampah plastik mengingat penguraiannya memerlukan waktu yang sangat lama dan akan berdampak negatif untuk masa mendatang. Namun saya sangat setuju atas kebijakan pemerintah terutama yang sudah dilaksanakan di Banjarmasin untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan alangkah lebih baik lagi apabila pemerintah turut serta juga menyediakan pengganti kantong plastik yang memiliki fungsi sama namun ramah lingkungan,” ujar Faisal salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Ayo, kurangi penggunaan kantong plastik demi kelestarian lingkungan kita.

#peristiwanews

Peliput : Vira

Editor : Fathony

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *