Organisasi Intra dan luar Kampus, Mana yang Lebih Penting?
Kabar Kampus

Organisasi Intra dan luar Kampus, Mana yang Lebih Penting? 

peristiwa.info – Kampus merupakan institusi yang memberikan peran penting dalam membentuk masa depan mahasiswa. Selain menjadi tempat untuk belajar, kampus juga menawarkan beragam fasilitas untuk pengembangan diri, salah satunya melalui berbagai organisasi yang ada di dalam (intra) dan di luar kampus. Namun, manakah yang lebih penting bagi mahasiswa?, organisasi intra kampus atau luar kampus?.

Organisasi Intra kampus memiliki banyak manfaat tersendiri. Biasanya organisasi intra kampus memberikan akses yang lebih mudah bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan, mengembangkan jaringan dengan sesama mahasiswa, dan mendapatkan dukungan langsung dari dosen atau staf universitas. Sementara itu Organisasi luar kampus memiliki kelebihan dalam hal fleksibilitas dan relasi.

Organisasi luar kampus dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan berbagai individu dari institusi lain di wilayah tersebut. Selain itu, bergabung dengan organisasi luar kampus juga dapat menjadi kesempatan yang baik untuk melatih keterampilan public speaking dan menghadapi beragam situasi yang terjadi dalam kegiatan publik di luar lingkungan kampus.

Berkaitan dengan hal ini, salah satu mahasiswa FH ULM menyampaikan pendapatnya “Kalau menurutku pribadi sih dua-duanya penting, untuk tahap awal sih lebih baik itu organisasi dalam kampus dulu, tapi kalaunya untuk menambah pengalaman yang mencakup hal-hal luas sih organisasi luar kampus kan kita bisa kenal dengan berbagai orang dengan jurusan dan dapat berinteraksi atau bertanya banyak hal tentang jurusan yang bukan jurusan kita.” Ujar mahasiswa dengan inisial A.L.

Dengan demikian, baik organisasi di dalam maupun di luar kampus memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswa. Yang terpenting, mahasiswa perlu memilih dan aktif terlibat dalam organisasi yang sesuai bakat dan minat mereka. Dan juga mahasiswa perlu konsisten mengembangkan bakat dan minat dalam organisasi yang dipilih.

Peliput: Dzakiroh Umi Hijratulloh

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *