Kabar Kampus

Permasalahan Serius Bagi Mahasiswa Baru Yang Salah Memilih Jurusan 

peristiwa.info – Memilih jurusan kuliah dengan tepat merupakan salah satu keputusan terpenting dalam hidup seorang mahasiswa. karena jurusan tersebut akan mempengaruhi perkembangan karier dan kehidupan profesional di masa depan. Pemilihan yang tepat dapat meningkatkan kepuasan kerja, produktivitas, dan kesuksesan dalam bidang yang kamu pilih. Selain itu, memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Namun, masalah pemilihan jurusan masih menjadi tantangan yang dihadapi sebagian mahasiswa baru. Karena faktor keterbatasan pengetahuan, tekanan sosial, kurangnya pengalaman praktis, kesulitan memahami peluang karier, pertimbangan ekonomi, dan rasa takut membuat keputusan yang salah. Kesulitan ini memerlukan penelitian mendalam, refleksi pribadi, dan pemahaman diri untuk membuat pilihan yang tepat.

“Jujur, awalnya sih semangat banget. Tapi pas masuk rasanya kayak bawaan nya ga enak banget. Dan menurut aku tentang mahasiswa baru yang salah jurusan itu merupakan hal yang sangat wajar untuk di awal semester merasa jurusan yang dipilih ternyata berbeda isinya dengan apa yang di ekspektasikan, tetapi seiring berjalannya waktu mungkin bisa findout hobinya apa menyesuaikan dengan jurusan yang dipilih atau ikut UKM di jurusan tersebut, mungkin bakalan ngerasa sesuai aja dengan jurusan yang dipilih.” Ucap Salma Fatimah Azzahra, salah satu mahasiswa FH ULM.

Dengan demikian, mahasiswa baru bisa lebih mempertimbangkan lagi dalam memilih jurusan dengan cara research lebih dalam dan bisa konsultasi dengan orang yang ada di jurusan tersebut. Karena pilihan kalian akan menentukan masa depan kalian juga.

Peliput: Ahmad Zaini & Alya Rubiati

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *