Kabar Kampus

ULM Resmi Berstatus PTN-BLU: Yuk, Kenalin Status PTN yang Ada di Indonesia! 

peristiwa.info – Pada umumnya banyak orang yang hanya mengenal Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tetapi tidak mengetahui bahwa PTN terbagi lagi dengan status PTN yang berbeda. Sebagai contohnya adalah Universitas Lambung Mangkurat sebagai salah satu yang berstatus PTN-BLU. Selain itu, ada pula 3 jenis status PTN lainnya yang perlu diketahui:

Yang pertama PTN-BH (PTN-Berbadan Hukum), didirikan oleh pemerintah dan berstatus sebagai badan hukum publik yang memiliki hak otonom berkaitan dengan mengatur tata keuangan secara mandiri yang artinya PTN-BH berhak mengatur keuangan tanpa campur tangan pemerintah. Yang kedua, ada PTN-BLU (PTN-Badan Layanan Umum) memiliki otonomi dalam mengelola pendapatan non-pajak mereka namun harus melapor kepada negara.

Yang terakhir adalah PTN-Satker (PTN-Satuan Kerja Kementerian), ditetapkan melalui kebijakan Kemendikudristek, status PTN ini beroperasi menjadi satuan kerja di bawah naungan Kementerian. Artinya pendapatan dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) harus masuk ke rekening Kementrian Keuangan sebelum digunakan.

Itulah jenis-jenis status PTN sebagai mahasiswa tentunya hal ini sangat perlu diketahui. Walaupun setiap status tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun tujuan utamanya tetap untuk memajukan dan mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia.

Peliput: Sofia Rizki Maulida dan Sulthanah Yasmin Nursyahinda

Editor: Muhammad Syihab Ghani & Yunita Alifah Haura

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *