Kabar Kampus

Manfaat Dan Pentingnya Berorganisasi Di Kampus, Beginilah Pendapat Mahasiswa FH ULM 

peristiwa.info – Masuk ke dunia kampus, terutama bagi para mahasiswa baru FH ULM seringkali diawali dengan perasaan kebingungan dan kekhawatiran untuk beradaptasi. Inilah saat yang tepat untuk mengeksplorasi dunia organisasi, terutama bagi mahasiswa baru. Tidak hanya untuk memupuk pengalaman baru, tetapi juga ilmu yang berharga. Organisasi menjadi kegiatan yang sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa baru.

Terlibat dalam organisasi memberikan mahasiswa kesempatan langka untuk membangun jaringan, diskusi, seminar, dan kegiatan sosial yang menjadi bagian dari organisasi juga menjadi sarana untuk mengembangkan keterampilan soft skills yang sangat dihargai dalam dunia hukum. Selain itu aktivitas organisasi seperti rapat, atau kegiatan sosial dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan yang sangat penting dalam dunia hukum.

Mengikuti organisasi tidak hanya sekadar pencapaian keanggotaan tetapi juga sarana untuk mengembangkan diri. Proses ini melibatkan penerimaan tantangan, pembentukan karakter, dan penemuan potensi yang mungkin tersembunyi. Meraih prestasi melalui organisasi juga membuka pintu pengakuan di mata sesama mahasiswa dan praktisi hukum. Selain itu mengikuti organisasi dapat membantu dalam hal akademis. Mahasiswa mendapatkan akses cepat ke informasi, peluang, dan jaringan yang tidak terbatas.

Dalam hal Ini salah satu mahasiswa Fakultas Hukum ULM Winda Rosita Dewi menyampaikan pendapatnya “Ormawa menawarkan banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru, baik dalam bidang akademik, non-akademik, sosial, dan dapat terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi seperti seminar, pelatihan, workshop, bakti sosial, dan lain-lain. Organisasi juga dapat membantu untuk belajar mengelola waktu dengan baik. Kita harus bisa membagi waktu antara kuliah, organisasi, dan kegiatan pribadi. Hal ini dapat melatih diri untuk bisa bertanggung jawab.” ujar beliau.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa mahasiswa yang cenderung tidak tertarik pada organisasi dan berfokus pada nilai akademis kampus saja. “Tidak semua mahasiswa bisa fokus ke banyak kegiatan. Kadang kuliah aja udah menghabiskan banyak tenaga dan pikiran. Jadi mau lebih fokus ke kuliah aja.” tutur salah seorang mahasiswa FH ULM yang tidak ingin disebutkan namanya.

Peliput: Dzakiroh Umi Hijratulloh & Felicia Handy Surya

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *