Kabar Sertifikat Kalian Gimana, Sudah Diinput ke SIMARI Belum? Dapat Poin SKPI Lho!
Kabar Kampus

Kabar Sertifikat Kalian Gimana, Sudah Diinput ke SIMARI Belum? Dapat Poin SKPI Lho! 

peristiwa.info – Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.

Poin SKPI didapatkan ketika mahasiswa mengikuti kegiatan di luar jadwal perkuliahan, misalnya ketika mengikuti organisasi kemahasiswaan, seminar, lomba, dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut dapat diunggah secara daring melalui portal kemahasiswaan pada laman simari.ulm.ac.id untuk mendapatkan akumulasi Poin SKPI, berikut tata caranya:

1. Login ke laman SIMARI dan masuk ke portal kemahasiswaan melalui internet browser seperti Google, Chrome, atau sejenisnya melalui desktop atau pc. Pilih pengajuan SKKM lalu klik tambah yang berada di bagian pojok kanan atas.

2. Isi data pengajuan menggunakan nama kegiatan dengan bahasa Indonesia dan Inggris, lalu pilih bidang kegiatan dan jenis skp, tingkat, dan jabatan/status. Kemudian pilih tanggal, bisa tanggal pelaksanaan atau tanggal yang tertera pada sertifikat.

3. Setelah itu isi jumlah peserta dengan angka (jika tidak mengetahui pilih opsional). Lalu isi SK/nomor sertifikat pada kolom sertifikat. Kemudian di kolom keterangan bisa diisi dengan status anda pada acara atau kegiatan tersebut.

4. Kemudian unggah berkas scan bukti bahwa anda mengikuti kegiatan pada kolom scan sertifikat, berkas wajib dengan format PDF atau pdf/image maksimal besar file adalah kurang lebih 2 MB.

5. Kemudian kirim pengajuan dan tunggu verifikasi dari admin fakultas.

Begitulah prosedur yang harus dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan Poin SKPI. Maka dari itu, setiap mahasiswa dihimbau memasukkan sertifikat yang didapatkan agar memenuhi Poin SKPI untuk persyaratan ke depannya.

Salah satu mahasiswa FH ULM mengutarakan tanggapannya mengenai hal ini. Menurut Tajmila, Poin SKPI ini berguna untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan di luar perkuliahan, seperti seminar, lomba, magang, dan lain sebagainya. Dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa lebih luas lagi sebagai bekal selain ilmu yang didapat dari kelas. Secara tidak langsung, persyaratan minimal SKPI yang harus dipenuhi membuat para mahasiswa tidak bisa menjadi mahasiswa “kupu-kupu” sesungguhnya.

Namun, Tajmila juga menambahkan tentang adanya kendala yang muncul saat penginputan Poin SKPI. “Kendalanya adalah sedikit sulit mengunggah dokumen sertifikat via device baik dari sistem operasional IOS maupun android. Sertifikat hanya bisa di unggah melalui desktop atau pc. Namun terkait websitenya sendiri tidak ada kendala.” tutupnya.

Peliput: Audy Nabilla Zahra & Azwa Assyifa

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *