Kabar Kampus

Paslon Tunggal Pada PEMILUMA 2023, Sudah Pasti Menang? 

peristiwa.info – Kamis (30/11), telah berlangsung Pemungutan Suara Ketua dan Wakil Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Periode 2023/2024 yang diadakan oleh KPU-M FH ULM. Bertempat di Lobby Depan Gedung Lama FH ULM, kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Karin Fini Ariyahya, Ketua KPU-M FH ULM, menyampaikan bahwa PEMILUMA tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana hanya ada satu pasang calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FH ULM yang memenuhi syarat pada tahap verifikasi. Maka dari itu, pasangan calon tersebut akan berhadapan dengan kotak kosong.

Prosedur pelaksanaan pemungutan suara PEMILUMA FH dalam menghadapi kotak kosong diselenggarakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam PerKPU-M FH ULM. Apabila hasil rekapitulasi pemungutan suara antara peserta yang berhadapan dengan kotak kosong seimbang, maka akan dilakukan pemilihan putaran kedua. Apabila pada pemungutan suara kedua peserta yang berhadapan dengan kotak kosong kalah dan/atau hasil pemungutan suara dimenangkan oleh kotak kosong, maka hasil pemungutan suara dianggap batal dan peserta dianggap tidak memenuhi syarat untuk menjadi pemenang, selanjutnya akan dilaksanakan pemungutan suara ulang. Apabila dalam pemungutan suara ulang peserta yang berhadapan dengan kotak kosong masih kalah dalam perolehan hasil suaranya, maka PEMILUMA FH ULM dibatalkan dan KPU-M FH ULM wajib melakukan rapat pleno yang dihadiri oleh peserta PEMILUMA FH ULM.

“PEMILUMA dengan calon tunggal tidak bisa dipastikan apakah akan menang atau tidak, kembali lagi dengan hasil yang ada di lapangan atau di TPS, itulah mengapa dalam peraturan terkait kotak kosong itu terdapat pasal yang merujuk jika keadaannya seimbang atau kalah dari menghadapi kotak kosong maka akan diambil langkah yang sesuai dengan keadaan yang sudah termaktub dalam peraturan tersebut,” tutur Karin.

Andre Juandito, selaku mahasiswa yang menyampaikan harapannya, “Harapan saya untuk ketua dan wakil BEM yang akan terpilih semoga bisa amanah dan tanggung jawab dalam menjalankan kepengurusan.”

peliput: Alya Rubiati & Felix Ananda Sutanto

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *