Kembali Mengharumkan ULM, Gastin Gabriel Menangkan Kompetisi PILMAPRES!
Kabar Kampus

Kembali Mengharumkan ULM, Gastin Gabriel Menangkan Kompetisi PILMAPRES! 

peristiwa.info – Gastin Gabriel Jangkang, mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM berhasil membawa nama kampus perjuangan Universitas Lambung Mangkurat pada tingkat nasional dalam kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh BPTI Puspresnas Kemdikbudristek di Universitas Hassanudin, Makassar, 26 Juli 2023. Yang mana ia berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam Pilmapres Tingkat Nasional ini.

Pilmapres sendiri merupakan kompetisi mahasiswa yang dilirik oleh Gastin sendiri sejak saat ia masih menjadi mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran ULM. Pada masa itu, ia suka menggunakan media sosial untuk mencari informasi terkait kompetisi atau lomba, sekaligus ingin melihat siapa saja orang-orang yang berprestasi dari ULM maupun universitas lainnya, dan dari sinilah ia tertarik dengan Pilmapres.

“Nah dari itu saya ingin coba ikut dan dilihat dari potensi kita juga, mahasiswa ULM sebenarnya besar, tapi masih kurang terpapar dengan ajang nasional maupun kegiatan-kegiatan yang dibawah Puspresnas, makanya saya juga ingin membuktikan bahwa kita juga bisa sebagai Anak Kalimantan, bisa bersaing dengan mahasiswa dari pulau lain untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) yang dapat menginspirasi Indonesia.”

Dari segi persiapan kompetisi, Gastin mengutarakan bahwa persiapan tim ULM termasuk dirinya dalam Pilmapres ini bisa dibilang cukup baik, karena ia berpendapat bahwa persiapan ini sudah didukung oleh pembinaan luar biasa dari pihak universitas sendiri. Jadi mereka dibina dengan pembimbing dari bagian Akademik dan Kemahasiswaan di berbagai jenis kegiatan yang diperlombakan di Pilmapres. Namun, menurutnya tentu masih ada beberapa kekurangan yang mana masih bisa maksimalkan maupun dikembangkan ke depannya.

Saat diwawancarai terkait pengelolaan waktu yang baik, Gastin mengatakan bahwa itu juga tantangan baginya. Karena menurutnya saat itu persiapan Pilmapres secara maksimal bertepatan dengan ia kuliah di semester 5 dan 6, yang mana dinilai perkuliahannya sudah cukup padat, dan disertai dengan organisasi yang mana ia masih menjabat, maupun kegiatan lomba-lomba lainnya diluar Pilmapres. Namun meski begitu, ia dapat menjalaninya dengan baik. Ini Tips and Trick yang Gastin paparkan, yaitu pembagian prioritas, karena ia berpendapat bahwa jika semuanya dijalani pasti akan susah. Karena itulah harus ada beberapa kegiatan yang direlakan untuk sesuatu yang lebih penting. Ia juga menuturkan bahwa jangan menjalani semua ini sendirian, tanyakan ajaran atau pedoman kepada teman, alumni, maupun pembina yang sudah pernah melaluinya, agar bisa cepat belajar dan jangan mengulangi kesalahan yang sama.

Ia juga menyampaikan motivasi dan pesannya kepada mahasiswa yang nantinya berkeinginan untuk mengikuti Pilmapres selanjutnya.

“Bagi yang ingin ikut Pilmapres kedepannya, tidak usah minder terkait prestasinya apa, IPK berapa, dan sebagainya. Karena Mapres itu bukan hanya dilihat dari kamu itu ‘pintar’ dalam artian menang banyak lomba dan organisasi yang diikuti banyak, tapi dilihat dari kepribadianmu. Apakah kita sudah layak dikategorikan sebagai seorang yang dapat menginspirasi dan berprestasi.

“Jadi terlepas dari teman-teman semester awal, persiapkan saja mulai dari sekarang, mulai ikut lomba. Jadi jalani saja dulu, kalau memang sudah rezekinya pasti dapat. Intinya yang mau ikut Pilmapres itu harus persiapkan mental yang kuat. Perjalanannya itu tidak sekejap, karena apabila dipersiapkan mulai jauh-jauh hari akan lebih maksimal. Dan pesan dari saya untuk yang jadi Mapres tahun berikutnya, selamat berjuang, dan semoga bisa membawa nama ULM menjadi lebih baik lagi, lebih dari tahun ini.”

Peliput : Kenneth

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *