Kabar Kampus

Tarumanegara Law Fair V (TLF V) Piala Ketua Mahkamah Agung 

Peristiwa.info – Tarumanagara Law Fair adalah Kompetisi Mediasi Tingkat Nasional pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara hasil kerjasama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada mulanya, tujuan kompetisi ini diadakan adalah karena perhatian besar Fakultas Hukum
Universitas Tarumanagara akan absennya kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa/i dalam praktik mediasi. Adapun tema dalam kegiatan ini adalah “Eksistensi Mediasi Dalam Penyelesaian Sengketa Tanah di Indonesia” dan memiliki sasaran kegiatan yaitu para mahasiswa Diploma 3 (D-3) dan/atau Strata 1 (S-1) Fakultas Hukum Perguruan Tinggi dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum se-Indonesia.

Kegiatan ini berbentuk Kompetisi yang terdiri atas 3 (tiga) babak, yaitu Babak Seleksi Berkas, Babak Penyisihan dan Babak Final. Peserta dari berbagai universitas akan saling berkompetisi mengenai kasus posisi yang telah disiapkan sebelumnya. Kasus posisi akan ditentukan oleh Panitia bersamaan dengan proposal undangan ini yang akan dikirim kepada seluruh Fakultas Hukum, Perguruan Tinggi atau Sekolah Tinggi Ilmu Hukum se-Indonesia. Simulasi mediasi ini akan berlangsung seara Luring dengan konsidi yang ada dengan peraturan yang telah ditetapkan dan harus dipatuhi oleh setiap peserta, dengan maksud agar kompetisi ini dapat berlangsung sesuai dengan harapan. Pada saat pelaksanaan, panitia akan menghadirkan Akademisi dan Praktisi Hukum sebagai Dewan Juri.

Kompetisi ini diadakan pada hari Jumat, 16 Juni 2023 s.d. Minggu, 18 Juni 2023 yang bertempat di Universitas Tarumanagara dan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara. Di dalam kompetisi ini juga akan ada hadiah hadiah menarik seperti uang tunai, serifikat, piala tetap dan piala bergilir Ketua Mahkamah Agung. Selain itu akan diberikan pula hadiah kepada pemenang penghargaan “Terbaik” dengan kategori sebagai Mediator Terbaik dan Berkas Terbaik. Selain Juara I, Juara II, dan Juara III akan pula diberikan sertifikat atas nama individu sebagai Peserta Kompetisi.

Dalam proposal yang tertera hari dan tanggal pendaftaran kompetisi ini adalah 1 Maret – 27 Maret 2023. Pengumpulan dan Penyeleksian Berkas pada tanggal 20 April-26 April 2023. Proses Penilaian babak penyeleksian berkas tanggal 28 April-10 Mei 2023. Pengumuman seleksi berkas pada tanggal 15 Mei 2023. Dan dilanjutkan dengan technical meeting bagi para peserta yang lolos tahap penyeleksian berkas pada tanggal 18 Mei 2023. Setiap Tim Delegasi berkewajiban mengirimkan minimal 2 (dua) orang perwakilan untuk mengikuti Technical Meeting yang diadakan oleh Panitia sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditetapkan dalam Kompetisi ini. Melengkapi dokumen kembali pada tanggal 12 Juni-15 Juni. Pendaftaran ulang bagi 16 (enam belas) Tim Delegasi yang lokos ke babak penyisihanpada tanggal 12-14 Juni 2023. Kedatangan delegasi di Jakarta tanggal 15 Juni 2023. Dan terakhir, pelaksanaan acara decara luring pada 16 Juni- 18 Juni 2023.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Taruma Negara, Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H.,M.H., M.M.,M.Kn. Mengatakan bahwa kompetisi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam melahirkan para mediator muda yang cerdas dan berkualitas di Indonesia.

Peliput : Jeanne Astrid

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *