5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pengguna Laptop Gaming
Hukum dan politik

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pengguna Laptop Gaming 

peristiwa.info – Popularitas laptop gaming semakin hari kian meningkat. Meskipun harganya terbilang mahal, tetap saja ada konsumen yang rela menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk bisa mendapatkan laptop gaming impian mereka. Laptop gaming sendiri menawarkan performa andal, dan juga segudang fitur jempolan yang bisa menyokong kebutuhan bermain game, atau untuk tugas sehari-hari bagi para penggunanya. Nah, untuk memaksimalkan kinerjanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Setidaknya ada 5 kesalahan yang harus dihindari para pengguna laptop gaming. Dengan menghindari kesalahan ini, laptop akan berada di jalur yang tepat untuk mencapai potensi penuhnya. Berikut 5 kesalahan yang harus dihindari:

Merasa Puas dengan Pengaturan Default

Laptop gaming hadir dengan membawa spesifikasi dan fitur unggulan, untuk itu pastikan mengeksplor kekuatan perangkat semaksimal mungkin. Jangan pernah merasa puas dengan pengaturan default, karena laptop gaming dirancang untuk melampaui itu.
Pastikan mode diatur ke performa maksimal. Selain itu, buka pengaturan tampilan dan tingkatkan refresh rate ke paling tinggi untuk memberikan pengalaman bermain game yang mulus, dan periksa apakah driver grafis telah diperbarui dengan benar.
Jika laptop menggunakan GPU Nvidia, unduh GeForce Experience dan atur pembaruan. Jika menggunakan GPU AMD, unduh perangkat lunak Radeon dari Drivers + Download Center. Pembaruan driver grafis penting untuk memaksimalkan pengalaman bermain game.

Selalu Mengaktifkan Fitur Keamanan Windows

Sejak Windows 11 pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, sudah ada keluhan tentang VBS (Keamanan Berbasis Virtualisasi) yang mengganggu kualitas gameplay. Nonaktifkan fitur keamanan tersebut, karena bisa memperlambat kinerja laptop.
Untuk menonaktifkan VBS, pertama-tama cari “Core Isolation” dan klik, lalu matikan opsi Memory Integrity, kemudian restart laptop Anda. Untuk memastikannya tidak aktif, buka System Information, dan periksa apakah “virtualization-based security” disetel ke off.

Melepas Laptop dari Daya AC

Aturan nomor satu untuk laptop gaming mana pun adalah jangan lepaskan dari daya AC. Laptop gaming dimaksudkan untuk bermain game dengan akses ke daya tak terbatas bahkan jika memaksimalkan pengaturan dan mengaktifkan mode Performance.
Dengan melepasnya dari daya AC, daya baterai laptop tidak hanya akan menguras baterai saja tetapi juga akan berdampak negatif pada kinerja karena laptop yang terlalu sibuk mencoba tetap hidup untuk memastikan frame rate selalu di atas 100.

Menghalangi Lubang Ventilasi

Menghalangi lubang ventilasi laptop akan membuat kinerja keseluruhan laptop menurun, karena laptop tidak memiliki cara yang dapat menghilangkan semua panas ekstra yang terakumulasi dalam komponennya.
Sangat penting untuk memeriksa posisi lubang ventilasi laptop untuk memastikannya tak terhalang. Untuk memastikan ventilasi selalu terbuka jangan pernah meletakkan laptop di kasur, selimut, atau bahan kain lain.

Berasumsi Overclocking akan Memberikan Performa Terbaik

Berasumsi bahwa overclocking akan memberikan performa terbaik merupakan kesalahan uang yang harus dihindari. Pasalnya untuk menghasilkan performa terbaik lewat overclocking memerlukan GPU dan CPU yang andal dan serasi.
Jika keduanya tidak support untuk dilakukan overclocking, maka yang terjadi adalah laptop akan mengalami masalah seperti hang. Jadi, pastikan laptop mumpuni untuk bekerja keras, jangan dipaksa jika memang tidak bisa.

Peliput: GT. Adrian Setyawan

Editor: Amanda Nabila

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *