Banjir Rob Melanda Beberapa Wilayah di Banjarmasin, BPBD Mengimbau Warga Waspada
Peristiwa News

Banjir Rob Melanda Beberapa Wilayah di Banjarmasin, BPBD Mengimbau Warga Waspada 

peristiwa.info – Banjir rob kini seperti bencana musiman yang kerap melanda kota Banjarmasin. Bahkan, banjir rob baru-baru ini menggenangi beberapa wilayah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Daerah yang relatif rendah dan dekat dengan sungai lebih rawan tergenang banjir. Seperti Jalan Teluk Tiram, Kuin, Sungai Jingah, Kelayan dan Jalan Jafri Zamzam dan sekitarnya terendam banjir rob. Bahkan diduga air pasang lebih cepat dari awal bulan lalu.

Banjir rob mulai naik sekitar pukul 20.00 WITA. Ketinggian air rata-rata mencapai mata kaki hingga betis orang dewasa. Banjir Rob disebabkan oleh naiknya air laut.

Dilansir dari kompas.com, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Husni Thamrin menambahkan jika Ketinggian banjir rob akan bervariasi, tergantung lokasi dan curah hujan selama Desember. Untuk itu, Husni meminta warga Banjarmasin untuk tetap waspada menghadapi potensi banjir rob.
Selain mengimbau warga waspada,

BPBD Banjarmasin juga melakukan pencegahan lain dengan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) di beberapa wilayah yang rawan banjir rob.

Adapun tanggapan warga yang terkena banjir rob, dilansir dari Banjarmasinpost.co.id.
Ahmad Rafi’i yang tinggal di Desa Sungai Jingah juga terkena dampak banjir.

Tempat tinggalnya tak jauh dari Sungai Martapura, “Tapi naiknya tidak setinggi kemarin sih. Ini cuma di depan rumah saja yang terendam beberapa malam terakhir,” ujarnya.

Peliput : Said Muhammad Rifky Riyadi & Simon Russel Asmin

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *