BEM ULM Gelar Seminar Nasional Kampus Ramah Disabilitas
Hukum dan politik

BEM ULM Gelar Seminar Nasional Kampus Ramah Disabilitas 

Senin , (21/11) telah dilaksanan kegiatan seminar nasional kampus ramah disabilitas yang bertemakan “Menciptakan Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Kemudahan Mengakses Pendidikan” diselenggarakan oleh BEM ULM. Kegiatan ini berlangsung di Aula 1 Rektorat ULM BJM. dimulai sejak pukul 08.00 WITA hingga selesai.

Acara tersebut diikuti oleh teman-teman mahasiswa ULM dari berbagai program studi maupun fakultas. Acara seminar tadi juga dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si. secara langsung. Beliau menyampaikan bahwa ULM, khususnya pimpinan rektorat beserta dengan seluruh warga civitas akademika ULM harus akan mengoptimalkan pelayanan akademik yang ramah disabilitas.

Acara seminar kampus ramah disabilitas tadi juga menghadirkan 2 narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Prof. Dr. Amka, M.Si. (Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan Khusus FKIP ULM) dan Barkatullah Amin, MA (Founder Komunitas Banjarbilitas sekaligus dosen pengajar di UIN Antasari).

Dalam acara tadi juga dihadiri oleh Ibu Dewi dari Program Studi Pendidikan Khusus FKIP ULM selaku Ketua Unit Layanan Disabilitas (ULD) ULM, yang merupakan ULD pertama dan satu-satunya di Kalimantan dan berdiri sejak tahun 2017.

Rangakain acara inti dimulai dengan sambutan utama dari Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si., setelahnya dilanjutkan dengan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman perihal Kampus Ramah Disabilitas di ULM. Nota kesepahaman tersebut ditandatangi langsung oleh Rektor ULM bersama dengan Wakil Ketua BEM ULM Rudy Adiguna atas nama harapan dari kawan-kawan mahasiswa ULM.

Tentu kita berharap ULM secara institusi dan lembaga mampu menjadikan kampus sebagai wahana pendidikan yang layak untuk teman-teman kita yang berkebutuhan khusus/disabilitas. Selain itu, harapannya mahasiswa ULM juga dapat meningkatkan kesadarannya dan mengulurkan tangan seringan mungkin untuk membantu teman-teman kita yang perlu dibantu.

Rudy berharap seminar ini dapat menjadi wahana dan sarana dalam mensosilisasikan serta memberikan kepahaman bagi kita semua untuk aware (peka) dalam membantu teman-teman disabilitas kita.

Peliput : Iqbal

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *