Jauhi ini jika ingin Tidur Jauh Lebih Berkualitas
Lifestyle

Jauhi ini jika ingin Tidur Jauh Lebih Berkualitas 

peristiwa.info – Tidur merupakan sebuah kebutuhan. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi dengan baik, jelas akan berdampak buruk bagi tubuh. Ada banyak hal yang mendasari seseorang kurang tidur. Perubahan kegiatan dan stres berlebihan menjadi alasan umum mengapa seseorang sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tidur yang baik bukan hanya durasinya cukup, tapi juga nyenyak dan berkualitas. Kebiasaan tidur yang tidak berkualitas juga dapat menyebabkan berat badan meningkat, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Ada beberapa hal yang harus dihindari dilakukan jika ingin tidur jadi jauh lebih berkualitas.

1. Meletakkan TV di kamar tidur
Ketiduran sambil nonton TV memang enak, tetapi menyalakan TV di kamar tidur dan menontonnya hingga tertidur sebenarnya tidak membuat tubuh kita rileks. Kebiasaan ini membuat tubuh jadi terjaga jauh lebih lama dari yang diinginkan. Ini juga berlaku untuk penggunaan pasif, seperti menyalakan televisi hanya sebagai latar belakang saat melakukan aktivitas lain.

2. Interaksi sosial
Mengobrol sebelum tidur juga bisa ganggu kualitas tidur. Termasuk interaksi sosial virtual melalui ponsel. contohnya membuka sosial media. Interaksi sosial sebenarnya adalah isyarat yang memberi sinyal pada jam tubuh untuk tetap waspada dan terjaga. Untuk menghindari terlalu banyak melakukan interaksi sosial sebelum tidur bisa bantu tubuh jadi rileks, mengantuk, dan akhirnya tertidur.

3. Kerja di tempat tidur
Bekerja dari tempat yang sama dengan kita tidur dapat membuat lebih sulit berkonsentrasi pada pekerjaan dan membuat kita jadi kurang produktif . Pada akhirnya bikin kita lebih sulit untuk tertidur. Sebab otak menerima sinyal campuran dari kamar tidur menjadi tempat yang biasanya disediakan untuk istirahat, tapi ada keinginan untuk waspada dan bekerja sebagai gantinya.

4. Makan sebelum tidur
Tubuh butuh waktu untuk mencerna dengan baik, dan ini terjadi saat kita bangun dan bergerak. Di sisi lain, tidur dengan perut keroncongan juga membuat kita tidak bisa tidur dengan nyaman. Jika memang sangat lapar konsumsi saja camilan ringan yang nyaman bukan makan berat.

5. Waktu olahraga terlalu dekat dengan jam tidur
Olahraga bisa bantu meningkatkan jumlah gelombang lambat dalam tidur. Namun, berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat hormon endorfin jadi terpompa. Membuat kita akhirnya bisa jadi merasa gelisah dan akhirnya lebih sulit untuk tertidur.

Peliput : Nabilla Nurrosyifa Azzahra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *