Bukan Hanya BBM Pertalite, Beli LPG 3Kg Ternyata Juga Pakai MyPertamina!
Hukum dan Politik

Bukan Hanya BBM Pertalite, Beli LPG 3Kg Ternyata Juga Pakai MyPertamina! 

peristiwa.info – PT Pertamina Patra Niaga juga bakal membatasi pembelian LPG 3Kg. Konsumen yang akan membeli gas LPG mesti bertransaksi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Wacana ini persis dengan langkah pemerintah mewajibkan konsumen BBM Pertamina yang ingin membeli Pertalite dan Solar seperti tang dikatakan Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo saat diskusi daring, Rabu, 29 Juni 2022.

Kebijakan tersebut diambil untuk menekan beban subsidi yang melebar pada tahun ini. Mars Ega juga berharap skema pembelian LPG 3 kilogram ini dapat membuat penyaluran subsidi tepat sasaran bagi kelompok menengah ke bawah.

Menurut dia, perseroan telah lebih dulu melakukan uji coba pembelian LPG 3 kilogram lewat aplikasi verifikasi MyPertamina. Dia mengakui uji coba itu berjalan dengan baik hingga pertengahan tahun ini.

Mars Ega menyebut uji coba pembelian LPG 3 kilogram lewat aplikasi itu dilihat berdasarkan pada profil masyarakat yang dihimpun dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan berencana untuk menaikkan harga jual eceran LPG 3 kg ini seiring dengan melebarnya harga keekonomian. Harga keekonomian gas LPG ini sudah terpaut Rp 15.359 per kilogram pada tahun ini. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengatakan kementeriannya bakal melanjutkan agenda reformasi subsidi untuk menambal beban subsidi dan kompensasi energi yang lebar pada tahun ini.

Peliput : M. Al Habsyie

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *