Hobi Makan Es Batu? Yuk, Simak Dampaknya Bagi Kesehatan
Lifestyle

Hobi Makan Es Batu? Yuk, Simak Dampaknya Bagi Kesehatan 

peristiwa.info – Bagi beberapa orang mengunyah es batu memang menyenangkan terutama bagi seseorang yang merasa kering pada mulutnya. Es batu juga sering dijadikan cemilan untuk memuaskan hasrat lapar karena dapat meniru sensasi makan tanpa menelan kalori, selain itu hal ini juga membantu menghilangkan stress atau membantu relaksasi.

Dikutip dari hellosehat.com, kebiasaan mengunyah es batu merupakan salah satu bentuk kondisi medis yang disebut pica, yaitu kebiasaan mengunyah atau memakan benda yang tidak lazim. Pica biasanya dialami oleh anak-anak, namun kebiasaan atau kecanduan mengunyah es batu atau yang secara medis dikenal dengan istilah pagophagia, biasanya dapat terjadi pada segala usia. Pica biasanya dapat muncul akibat seseorang mengalami kekurangan suatu nutrisi tertentu pada tubuh. Biasanya, pada pagophagia, kondisi tersebut muncul akibat penderita mengalami kekurangan zat besi atau anemia.

Dampak terlalu sering mengunyah es batu biasanya ada pada gigi dan rahang. Kebiasaan mengunyah es dapat mengikis gigi, merusak gusi, dan menghancurkan tambalan yang sudah ada. Anda juga mungkin akan mengalami nyeri pada otot-otot rahang atau gangguan pada sendi rahang. Selain itu, jika penyebab tersering dari kondisi ini yaitu anemia tidak diobati, maka penderita memiliki resiko mengalami kerusakan jantung.

Untuk mengatasi kebiasaan tersebut, mulailah dengan mencari alternatif yang lebih lembut seperti mengganti es batu menjadi es serut. Namun, cobalah untuk membatasi atau menghindari rasa es yang lembut karena biasanya mengandung banyak gula yang tidak baik untuk gigi. Atau makan sesuatu yang lebih sehat seperti wortel, irisan apel, atau buah dan sayuran segar lainnya bisa membantu. Makanan tersebut dapat memuaskan keinginan untuk mengunyah sekaligus merangsang aliran air liur, yang melindungi mulut. Bahan berserat juga dapat membantu menjaga gigi tetap bersih.

Peliput : Adzra Rana Azizah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *