Tips Mudah Gaya Hidup Vegan untuk Pemula
Lifestyle

Tips Mudah Gaya Hidup Vegan untuk Pemula 

peristiwa.info – Belakangan ini semakin banyak orang di dunia beralih mengikuti pola makan vegan. Di Indonesia sendiripun gerakan veganisme semakin banyak yang menjalaninya. Hal ini dikarenakan veganisme membawa pengaruh baik bagi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, menjadi vegan juga berarti bertanggungjawab kepada aspek penghematan sumber daya alam dan turut berpartisipasi melestarikan alam dan bumi. Sebab, membesarkan ternak hingga siap dipotong menghabiskan jauh lebih banyak sumber daya alam ketimbang menanam tumbuh-tumbuhan.

Namun, mengubah gaya hidup menjadi vegetarian bukanlah hal yang mudah. Anda harus melakukan berbagai penyesuaian hingga benar-benar terbiasa dengan pola makan yang baru. Kesuksesan dalam menjadi vegetarian pun ditentukan dari bagaimana cara Anda memulainya. Yuk, simak beberapa tips ini untuk menerapkan gaya hidup vegan bagi pemula!

1. Ketahui tipe-tipe vegetarian

ada beberapa tipe vegetarian yang dimana diantaranya anda masih bisa mengonsumsi beberapa jenis bahan pangan hewani.

2. Menukar bahan makan hewani dengan alternatif lainnya.

Ini merupakan cara jitu bagi Anda yang ingin menjadi vegetarian, tapi tidak ingin meninggalkan hidangan kesukaan. Caranya dengan mengganti bahan dan produk hewani dengan bahan-bahan alternatif dari sumber nabati, contohnya seperti kaldu sapi atau ayam diganti dengan kaldu dari sayuran atau jamur.

3. Mencermati label kemasan pada makanan

Bahan pangan nabati tidak hanya tersedia dalam bentuk daging, telur, atau susu. Anda pun perlu mencermati bahan lain yang tertera dalam label kemasan makanan, contohnya seperti L-sistein pada roti dan kue.

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Orang-orang yang ingin menjadi vegetarian harus memahami betul cara mencukupi kebutuhan nutrisinya yang tak bisa didapat dari protein nabati. Misalnya anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega-3.

5. Membuat variasi menu

Kendala lain bagi orang yang ingin menjadi vegetarian adalah sulit menemukan hidangan yang tidak mengandung bahan pangan hewani. Sebagai solusinya, Anda bisa membuat sendiri menu sederhana dari bahan-bahan nabati.

Peliput: Adzra Rana Azizah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *