Peringatan Hari Pendidikan Nasional Jum’at, 13 Mei 2022
Kabar Kampus

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Jum’at, 13 Mei 2022 

Peristiwa.info – Jumat (13/5), telah diperingati sebagai  Hari Pendidikan Nasional. Sebelumnya, hari Pendidikan Nasional ini jatuh pada tanggal 2 Mei. Dikarenakan pada hari tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, peringatan hari Pendidikan Nasional ini pun diundur pada tanggal 13 mei 2022.

Tanggal 2 Mei diambil dari tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional yang dikenal sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Peringatan Hardiknas Tahun 2022 kali ini mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Merdeka Belajar”. Tema ini erat kaitannya dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama lebih dari dua tahun dan berdampak besar bagi dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 2 Mei, tidak hanya memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara yang yang dinobatkan sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional, tetapi juga mengembalikan rasa patriotisme dan nasionalisme semua insan pendidikan yang ada di Indonesia.

Dilansir dari situs Kemdikbud, peringatan hari Pendidikan Nasional ini dilaksanakan dengan upacara bendera pada 13 Mei pukul 08.00 WIB. Upacara Bendera ini dilaksanakan dengan sistem hybrid, terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Upacara Bendera dilaksanakan secara tatap muka di Instansi pusat, Instansi daerah dan satuan pendidikan yang termasuk daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 dan Level 2 serta Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. 

Malam puncak acara peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 13 Mei 2022 hari Jum’at pukul 18.30 WIB di kanal YouTube Kemdikbud RI. Puncak acara ini akan dihadiri Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim dan dimeriahkan oleh pembawa acara yaitu Desta, penyanyi Indahkus serta Paduan Suara & Orkestra Nasional Gita Bahana Nusantara, juga akan dihadiri sederet tokoh pendidikan dan kebudayaan.

Peliput : Haryanto

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *