Metaverse, Dunia Virtual Masa Depan Kini Sudah di Depan Mata!
Sains dan Teknologi

Metaverse, Dunia Virtual Masa Depan Kini Sudah di Depan Mata! 

peristiwa.info – Beberapa waktu yang lalu pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta dan menciptakan Metaverse. Lalu, apakah itu Metaverse? Metaverse adalah sebuah konsep dunia virtual di mana seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya dalam bentuk avatar dirinya sendiri. 

Dikutip dari USA Today, Metaverse sendiri merupakan kombinasi dari beberapa elemen teknologi, seperti virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan video. Kombinasi tiga teknologi tersebut memungkinkan penggunanya berada di dalam dunia digital, yang disebut Metaverse. Pengguna Metaverse bisa bekerja, bermain, dan tetap terhubung dengan teman-teman mulai dari konser, konferensi hingga perjalanan virtual keliling dunia.

Metaverse dibayangkan sebagai perkembangan dunia virtual 3D yang bisa dimasuki dengan mengenakan headset atau kacamata AR. Dunia ini digadang-gadang akan menjadi dunia virtual yang paralel dengan kehidupan nyata.

Mark mengatakan bahwa pihak perusahaannya rela menggelontorkan dana besar untuk riset dan pengembangan teknologi Metaverse. Mereka menemukan peluang bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan sebagian besar pertemuan virtual akan berpindah dari gambar kamera 2D ke Metaverse, ruang 3D dengan avatar digital.

Selain Meta, kini berbagai perusahaan juga mengembangkan teknologi serupa, mulai dari Google, Microsoft, hingga Apple. Berdasarkan fakta tersebut, maka tahun ini dianggap sebagai tahun penting bagi Metaverse.

Peliput: Ervina Shafa Muthia

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *