Hari Perempuan Internasional, Sumber Harapan Bagi Kesejahteraan Perempuan
Peristiwa News

Hari Perempuan Internasional, Sumber Harapan Bagi Kesejahteraan Perempuan 

peristiwa.info – 8 Maret 2022 diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau international women’s day. Peringatan ini ditujukan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan menuntut kesetaraan bagi perempuan dalam masyarakat. Namun tahukah kamu sejarah di balik Hari Perempuan Internasional? 

Hari Perempuan Internasional diawali sejak tahun 1909 oleh Partai Sosialis Amerika. Mereka mengawali Hari Perempuan Internasional terkait pemogokan pekerja garmen di New York yang menuntut jam kerja yang lebih pendek dan gaji yang lebih baik. Clara Zetkin dari Partai Sosialis Demokrat di Jerman menyarankan pembentukan Hari Perempuan Internasional kepada Konferensi Internasional Perempuan Pekerja pada 1910. Usulnya diterima dan Zetkin dikenal sebagai pelopor Hari Perempuan Internasional.

Peringatan Hari Perempuan Internasional dengan tema yang berbeda setiap tahunnya dimulai sejak tahun 1996 yang bertema “Celebrating the past, Planning for the Future.” kini, pada 2022, Hari Perempuan Internasional diperingati dengan tema #BreakTheBias yang diharapkan dapat meningkatkan keadilan terhadap perbedaan yang ada dan menciptakan kesetaraan gender.

Semoga dengan diperingatinya Hari Perempuan Internasional, kesejahteraan perempuan dapat meningkat dan tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di masyarakat. 

Sumber: Kompas.com

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *