Pers Mahasiswa FH ULM: Pers Harus Jadi Garda Terdepan dalam Mengabarkan Kebenaran
Kabar Kampus

Pers Mahasiswa FH ULM: Pers Harus Jadi Garda Terdepan dalam Mengabarkan Kebenaran 

peristiwa.info – Dengan berkembangnya zaman yang semakin mudah untuk mengakses informasi, tentu penting bagi pers untuk memberikan sebuah informasi yang akurat serta tidak berpihak dari sisi manapun. Itulah tantangan bagi Pers Indonesia sekarang.

Salah satu senior Pers Mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Aji Noevanto mengungkapkan, menjadi insan pers tidaklah mudah. Banyak tantangan dari segala sisi yang harus dihadapi. Namun hal itulah yang membuat insan pers menjadi jurnalis menjadi kuat.

“Kita sebagai pers harus memaknai Hari Pers Nasional (HPN) dengan tidak serta merta mempublikasikan sebuah berita atau informasi yang detailnya belum akurat,” ungkap Aji, saat ditanya mengenai makna HPN, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, hal itu harus dilakukan untuk menjaga keamanan dalam berpikir dan bertindak atas berita maupun informasi yang ada. Sebagai insan pers tentu harus teliti dalam menanggapi serta mempublikasi sebuah berita atau informasi.

“Sangatlah berbahaya apabila langsung “menelan” bulat-bulat sebuah informasi tanpa mengetahui realita yang terjadi. Di situlah peran pers, memberikan informasi akurat yang membuat masyarakat tidak kebingungan akan informasi yang didapat,” lanjut Aji.

Aji turut mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Ia berharap insan pers di Tanah Air terus berperan bersama menyebarkan informasi terkini, akurat, dan terpercaya.

“Selamat Hari Pers Nasional 2022. Semoga Pers Indonesia selalu insan penyebar berita-berita terkini dan terpercaya. Selalu menjadi garda terdepan dalam penyampaian informasi yang akurat,”

Sebagai informasi, 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Peringatan HPN bertepatan dengan terbentuknya organisasi pers Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 1946.

Peliput: Nina Hafidzah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *