Yuk Ubah Pola Hidup Kamu dengan Terapkan 8 Langkah Berikut!
Lifestyle

Yuk Ubah Pola Hidup Kamu dengan Terapkan 8 Langkah Berikut! 

peristiwa.info – Gaya hidup sehat adalah hal yang tidak begitu dipahami. Padahal hidup sehat dan bahagia secara mental adalah kunci panjang umur.

Apa pola hidup sehat itu? Berikut ini adalah delapan langkah yang dapat kamu terapkan dalam menjalani pola hidup sehat:

1. Memilih makanan yang sehat
Perhatikan porsi makan. Memerhatikan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah kamu mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang bagus.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kandungan dari makanan tersebut. Contohnya berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia adalah karbohidrat, protein, vitamin dan juga mineral. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak dapat menyebabkan penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Hal ini bisa memicu berbagai macam penyakit kronis.

2. Perbanyak minum air putih
Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat yang mudah. Karena dengan meminum air putih, bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Tubuh sangat membutuhkan unsur cairan karena banyaknya aktivitas setiap hari sehingga kamu sangat dianjurkan untuk minum minimal setidaknya 8 gelas per hari.

3. Rajin berolahraga
Menjaga gaya hidup sehat tidak lengkap jika tidak berolahraga. Olahraga tak melulu harus jogging atau pergi ke gym. Kamu bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang kamu sukai demi membiasakan pola hidup sehat. Jika kamu suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu untuk melakukannya. Begitu pula jika kamu hanya menyukai jalan santai. Kuncinya satu, buatlah tubuh kamu aktif bergerak setiap hari.
Mengapa? Karena dengan berolahraga dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.

4. Hindari stres
Stres adalah hal yang sulit untuk dihindari. Namun, kamu bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah kamu capai dan miliki juga bisa membuat jiwa lebih tenang loh.

5. Istirahat yang cukup
Rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan berakhir sia-sia jika kamu sendiri tidak cukup tidur. Karena jika tubuh disibukan dengan banyak aktivitas setiap harinya dan kurang beristirahat,  maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Dengan istirahat yang cukup setiap harinya maka kamu sudah melakukan cara menjaga gaya hidup sehat dengan baik.

Jadi, itulah berbagai cara yang dapat diterapkan untuk mengatur pola hidup sehat. Gimana nih, udah siap belum mengubah pola hidup kamu menjadi lebih baik?

Peliput : Indra Imam Kosasih

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *