Fenomena Gerhana Bulan Terlama Abad Ini
Sains dan Teknologi

Fenomena Gerhana Bulan Terlama Abad Ini 

peristiwa.info – 19 November 2021, fenomena langit Gerhana Bulan Sebagian terjadi di sejumlah wilayah termasuk Indonesia. Gerhana Bulan Sebagian kali ini berlangsung selama 3 jam 28 menit dan menjadi yang terlama dalam abad ini, akan tetapi gerhana kali ini hanya dapat dilihat secara maksimal di bagian timur Indonesia saja dengan mata telanjang.
Sebenarnya Gerhana Bulan ini bisa dinikmati di seluruh Indonesia, namun wilayah barat dan tengah Indonesia hanya akan mengalami fase akhir dari gerhana bulan ini ketika berada di fase akhir atau Gerhana Bulan Penumbra, bulan akan terlihat lebih buram jika dibandingkan dengan bulan purnama.
Kemudian wilayah tengah dan barat Indonesia yang tidak dapat menikmati fenomena ini secara maksimal disebabkan karena puncak dari Gerhana Bulan Sebagian ini terjadi pada sore hari di wilayah tersebut, tepatnya pada pukul 16.02 WIB.

Dilansir dari instagram resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) BRIN, Gerhana Bulan Sebagian kali ini memiliki durasi paling lama di wilayah Papua, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit.

“Sayangnya di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara bagian Barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana bulan Sebagian,” tulis Andi Pangerang dari Pusat Riset Sains Antariksa LAPAN dalam postingan yang diunggah pada Selasa 16 November 2021

Peliput : Muhammad Ilham Alfaridz

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *