Jokowi Pilih Jendral Andika sebagai Calon Tunggal Panglima TNI
Hukum dan Politik

Jokowi Pilih Jendral Andika sebagai Calon Tunggal Panglima TNI 

peristiwa.info – Presiden Joko Widodo akhirnya memilih Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal panglima TNI. Keputusan itu berdasarkan surat presiden (surpres) yang dikirimkan Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rabu (3/11/2021). Surpres ini dikirimkan melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani. 

“Karena itu, pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Prakasa,” kata Puan, Rabu (3/11/2021). Selanjutnya, DPR akan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan pada Kamis (4/11/2021) hingga Jumat (5/11/2021). Pengangkatan Andika sebagai Panglima TNI akan melalui berbagai tahap dan persetujuan, salah satunya dari DPR. Panglima TNI akan diangkat dan diberhentikan oleh presiden setelah mendapat persetujuan DPR.

“Dengan demikian, DPR akan menindaklanjuti usulan calon Panglima TNI yang baru, tentu saja setelah melalui rapat pimpinan yang akan menugaskan alat kelengkapan dewan, dalam hal ini Komisi I DPR.” ujarnya.

DPR akan mempertimbangkan berbagai aspek dalam menyeleksi Andika sebagai Panglima TNI baru agar dapat melaksanakan tugas sesuai yang diamanatkan oleh UU TNI. Hasil keputusan DPR akan disampaikan paling lambat 20 hari sejak permohonan diterima pada Rabu (3/11/2021).

Peliput: Dinda Aulia 

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *