Sering Dianggap Cengeng, Ternyata Menangis Juga Punya Manfaat Loh!
Lifestyle

Sering Dianggap Cengeng, Ternyata Menangis Juga Punya Manfaat Loh! 

peristiwa.info – Semua orang tentu pernah menangis bahkan ada juga yang sangat sering menangis yang disebabkan oleh berbagai hal. Menangis juga merupakan sebuah kewajaran bagi kita manusia baik itu perempuan ataupun laki-laki. Tak jarang orang yang sering menangis dikatakan cengeng. Namun dibalik itu semua, faktanya menangis punya berbagai manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Hallosehat, menangis mempunyai 4 manfaat bagi kesehatan, yakni :

  1. Memperbaiki suasana hati
    Seseorang sering kali merasa lega atau merasa lebih baik setelah menagis. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, saat menangis tubuh sedang melepaskan diri dari racun dan hormon yang dapat meningkatkan stress pada diri manusia. Hal ini lah yang membuat suasana hati lebih baik sehingga setelah menangis akan membuat tidur lebih nyenyak, kekebalan tubuh menjadi lebih kuat serta menghindari berat badan yang bertambah.

2. Menjaga dan melindungi fungsi mata
Seperti halnya tubuh, mata juga memerlukan cairan agar tetap bisa bekerja dengan baik serta terhindar dari dehidrasi dan menangis merupakan salah satu solusinya. Selain itu menangis juga memiliki manfaat dalam melindungi mata dari zat berbahaya seperti debu, kotoran, ataupun serbuk-serbuk kayu yang berterbangan. Air mata juga memiliki kandungan lisozim, yakni bahan kimia antibakteri kuat yang membantu melawan infeksi.

3. Membantu membersihkan hidung
Faktanya saluran air mata terhubung ke bagian dalam hidung kita yang berarti bahwa ketika seseorang menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata namun juga membersihkan saluran hidung dari berbagai zat yang dapat membuat iritasi.

4. Memperkuat hubungan dengan orang lain
Pada situasi tertentu terkadang seseorang tidak bisa menahan tangisannya bahkan didepan orang lain sekalipun. Hal ini membuat orang-orang yang melihat anda menangis dapat merasakan emosi yang anda miliki, sehingga terbentuknya ikatan emosional yang lebih dalam.

Peliput : Ulfa Khairiani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *