Yuk Lihat Fenomena Langit di Bulan Oktober 2021
Sains dan Teknologi

Yuk Lihat Fenomena Langit di Bulan Oktober 2021 

peristiwa.info – Pada setiap bulannya akan selalu terjadi berbagai macam fenomena langit baik pada siang hari ataupun malam hari. Lalu ada fenomena langit apa saja yang akan terjadi pada bulan Oktober 2021?

Dilansir dari Instagram @infoastronomy, ada beberapa fenomena yang akan terjadi di bulan ini!

1. Fase Bulan
Yang pertama ada fase bulan, dimana pada bulan Oktober akan terjadi beberapa fase bulan. Diantaranya ada fase bulan baru yang terjadi pada 6 Oktober 2021, fase bulan perbani yang awal akan terjadi pada 13 Oktober 2021, fase bulan purnama pada 20 Oktober 2021 serta fase bulan perbani akhir yang akan terjadi pada 29 Oktober 2021.

2. Melihat Planet
Karena planet-planet yang ada di tata surya mengelilingi matahari dan juga disinari oleh mata hari sehingga planet pun bisa terlihat namun di waktu tertentu saja. Seperti waktu terbaik untuk melihat planet merkurius yaitu pada subuh 25 Oktober 2021 di langit timur. Planet venus yang muncul terang di langit barat saat senja pada 9 Oktober dan konjungsi dengan dengan bulan. Planet jupiter yang masih terlihat mulai di timur pada awal malam, lalu terbenam di barat pada dini hari. Planet saturnus yang letaknya tidak terlalu jauh dengan jupiter pada bulan ini sehingga masih terlihat.

3. Hujan Meteor
Terdapat dua fenomena hujan meteor pada bulan ini yakni hujan meteor drakonid yang puncak pengamatannya pada tengah malam tanggal 8 Oktober 2021 dan hujan meteor orionid yang puncak pengamatannya pada 21 Oktober 2021 mulai dini hari.

4. Galaksi Andromeda
Pada 2 Oktober 2021, galaksi andromeda (mag +3,4) mencapai titik tertinggi di langit utara sekitar pukul 23.50 waktu setempat.

Untuk melihat fenomena-fenomena langit tersebut dengan jelas, tentu harus menggunakan teleskop ya.

Peliput : Ulfa Khairiani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *